Intip Persiapan Pemerintah dalam Menyambut Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Pemerintah siap menyelenggarakan upacara HUT ke-79 RI di IKN Nusantara. Infrastruktur, sarana, dan pengamanan telah disiapkan demi kelancaran acara.

Intip Persiapan Pemerintah dalam Menyambut Upacara HUT ke-79 RI di IKN
Intip Persiapan Pemerintah dalam Menyambut Upacara HUT ke-79 RI di IKN. Gambar : Dok.Detik

BaperaNews - Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 kemerdekaannya pada 17 Agustus 2024. Namun, tahun ini ada yang istimewa.

Pemerintah memilih Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur sebagai salah satu lokasi utama untuk menggelar upacara 17 Agustus. Persiapan untuk upacara ini dilakukan dengan matang oleh pemerintah. 

Apa saja persiapan yang sudah dilakukan oleh pemerintah? Berikut persiapan pemerintah dalam menyambut Upacara HUT ke-79 RI di IKN.

1. Kesiapan Infrastruktur Upacara di IKN

Persiapan pertama yang paling krusial adalah infrastruktur di IKN Nusantara. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menjamin bahwa infrastruktur dasar IKN sudah siap untuk digunakan menjelang HUT ke-79 RI.

Infrastruktur ini mencakup berbagai fasilitas penting, seperti jalur kereta tanpa awak yang siap digunakan dengan kemampuan menempuh jarak 88 km dalam waktu 90 menit. Jalur kereta ini akan sangat membantu dalam mobilisasi tamu dan peserta upacara.

Selain itu, pembangunan jalan tol sepanjang 88 km di IKN juga telah rampung, memungkinkan perjalanan dari Balikpapan ke IKN hanya dalam 90 menit.

Bagi yang datang dari Samarinda, ada alternatif melalui Tol Balikpapan-Samarinda dengan waktu tempuh sekitar 150 menit. Infrastruktur ini diharapkan dapat mendukung aksesibilitas yang cepat dan efisien menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Baca Juga: Kepala Sekretariat Presiden Pastikan Paskibraka Putri tetap Pakai Hijab Saat Upacara di IKN

2. Kesiapan Sarana dan Prasarana Penunjang

Selain infrastruktur utama, sarana dan prasarana di IKN juga menjadi perhatian serius. Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa seluruh sarana dan prasarana di IKN ditargetkan rampung pada Juli 2024.

Ini termasuk penyelesaian Kantor Presiden, Istana Presiden, serta kantor-kantor Menko yang sudah siap untuk digunakan. Sarana ini sangat vital untuk mendukung kelancaran jalannya upacara.

Tak hanya itu, seluruh fasilitas pendukung untuk pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 sudah dalam tahap akhir persiapan. Fasilitas ini mencakup segala kebutuhan logistik hingga aspek teknis lainnya yang diperlukan untuk acara sebesar ini.

3. Lapangan Upacara yang Siap Menampung Ribuan Peserta

Salah satu hal terpenting dalam persiapan upacara adalah lapangan tempat berlangsungnya acara. Pemerintah telah menyelesaikan pembangunan lapangan upacara di IKN yang dirancang untuk menampung sekitar 8.000 orang.

Lapangan ini akan menjadi lokasi utama untuk pelaksanaan upacara HUT RI ke-79, sebuah simbol kemajuan IKN dalam mendukung acara-acara besar di masa depan.

Kesiapan lapangan upacara ini menunjukkan bahwa IKN sudah siap menjadi tuan rumah upacara nasional yang penting ini, dan sekaligus menjadi bukti kemajuan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut.

4. Pengamanan Ketat dari TNI dan Polri

Keamanan menjadi prioritas utama dalam acara sebesar upacara HUT ke-79 RI, apalagi dengan dilaksanakannya upacara di IKN yang masih dalam tahap pembangunan. Untuk itu, TNI dan Polri telah mempersiapkan pengamanan yang ketat.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali, mengungkapkan bahwa TNI menyiapkan KRI Banda Aceh 593 untuk mengirim pasukan dari Jakarta ke IKN. Selain itu, KRI Banda Aceh juga akan menjadi tempat menginap sebagian prajurit sebelum bertugas.

"Pasukan sebagian menginap di KRI. Sementara satu LPD saja yang kami siapkan, KRI Banda Aceh, tetapi ada beberapa kapal patroli untuk pengamanan," ungkap Laksamana Ali.

Tak hanya dari laut, pengamanan dari udara dan darat juga disiapkan. Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan, menyebut bahwa ada sekitar 800 prajurit TNI yang dikerahkan untuk menjadi petugas upacara di IKN. Angka ini disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi di IKN.

Di sisi lain, Polri juga tidak kalah sigap dalam melakukan persiapan pengamanan. Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, memastikan bahwa kesiapan personel dan materil Polda Kaltim sudah maksimal.

"Kesiapan personel maupun kesiapan materil Polda Kaltim yang tergabung di dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan VIP dan VVIP bekerja sama dengan Kodam 6 Mulawarman," jelasnya.

Untuk pengamanan lalu lintas, Polri menurunkan 898 personel serta 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua. Seluruh kendaraan ini telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima.

Dengan persiapan yang begitu matang dari segi infrastruktur, sarana dan prasarana, serta pengamanan, upacara HUT ke-79 RI di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024 nanti dipastikan akan berjalan dengan lancar dan sukses.

Pemerintah telah menunjukkan komitmennya dalam menyambut momen bersejarah ini, bukan hanya sebagai perayaan nasional, tetapi juga sebagai langkah awal mewujudkan IKN Nusantara sebagai pusat pemerintahan yang modern.

Baca Juga: Jokowi Akan Pimpin Upacara 17 Agustus di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta