Hari Ini, Polda Metro Jaya Mulai Gelar Operasi Zebra Jaya 2023

Polda Metro Jaya telah memulai Operasi Zebra Jaya 2023 selama 14 hari untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

Hari Ini, Polda Metro Jaya Mulai Gelar Operasi Zebra Jaya 2023
Hari Ini, Polda Metro Jaya Mulai Gelar Operasi Zebra Jaya 2023. Gambar : Kompas.com/Dok. Joy Andre T

BaperaNews - Polda Metro Jaya hari ini resmi menggelar operasi zebra jaya 2023. Operasi ini berlangsung selama dua pekan, dimulai pada 18 September hingga 1 Oktober 2023.

Dalam upaya meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menciptakan kondisi lalu lintas yang aman, lancar, dan tertib, operasi zebra 2023 ini menyoroti 15 jenis pelanggaran.

Di antara pelanggaran yang menjadi fokus adalah pengendara yang melawan arus, berada di bawah pengaruh alkohol, dan tidak menggunakan helm.

"Operasi kepolisian zebra jaya 2023. Tanggal 18 September-1 Oktober 2023. Kamseltibcarlantas yang kondusif menuju pemilu damai 2024," demikian ungkap akun resmi Instagram @tmcpoldametro, Minggu (17/9).

Untuk mendukung operasi ini, Polda Metro Jaya mengerahkan 2.939 personel Polisi yang tersebar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto menjelaskan,

"Operasi Zebra Tahun 2023 in melibatkan 2.939 personel yang terdiri dari 1.349 personel Satgasda dan 1.590 Satgasres yang dilaksanakan selama 14 hari." Penegasannya dilontarkan saat memimpin apel di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Senin. 

Baca Juga : Catat! Ini 15 Jenis Pelanggaran yang Jadi Sasaran Operasi Zebra Jaya 2023

Tidak hanya itu, mengingat kondisi udara Jakarta yang kurang baik, Suyudi meminta agar setiap petugas lapangan menggunakan masker saat bertugas.

"Tentunya dengan mesin yang terawat, selain tidak berdampak negatif terhadap kualitas udara. Hal in juga dapat meningkatkan keamanan masyarakat dalam berkendara," katanya.

Selain menekankan pentingnya keselamatan dalam berkendara, operasi zebra juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas udara di Jakarta dengan mengajak masyarakat merawat mesin kendaraannya.

Sebagai pesan penutup, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto berpesan kepada personel di lapangan untuk selalu bertugas dengan humanis, jujur, dan adil.

"Jadikan pekerjaan ini sebagai ladang amal ibadah sehingga saudara dapat melaksanakan dengan tulus dan ikhlas," pungkasnya.

Dengan operasi zebra 2023 ini, diharapkan tingkat pelanggaran lalu lintas dapat berkurang dan kesadaran masyarakat akan pentingnya disiplin dalam berlalu lintas semakin meningkat.

Polisi berharap, dengan kehadiran operasi zebra jaya 2023, keamanan dan kenyamanan berkendara masyarakat DKI Jakarta dapat terjamin. 

Baca Juga : Viral! Bocah Pura-Pura Kesurupan Untuk Hindari Tilang Saat Operasi Zebra