Transjakarta Akan Tambah Rute Di Tempat Wisata Saat Nataru 2023

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bersama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan menambah jumlah bus dan rute Transjakarta saat Nataru 2023.

Transjakarta Akan Tambah Rute Di Tempat Wisata Saat Nataru 2023
Transjakarta akan tambah rute di tempat wisata saat Nataru 2023. Gambar : ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

BaperaNews - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bersama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bakal menambah jumlah bus dan jam operasional saat perayaan Natal 2022. Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta diprediksi akan kebanjiran pengunjung di momentum libur Nataru 2023 ini. Karena itu, sarana transportasi umum, khususnya Transjakarta, untuk menuju destinasi wisata akan ditambah.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan BUMD DKI Transjakarta akan menambah frekuensi dan rute menuju tempat wisata untuk mengantisipasi potensi meningkatnya jumlah penumpang.

"Kami bersinergi dengan TransJakarta untuk menambah jumlah armada bus beserta jam operasinya selama masa perayaan Hari Natal,” kata dia, Kamis, (22/12).

Baca Juga : Asik! Pemprov DKI Jakarta Adakan Car Free Night Pada Malam Tahun Baru

Penambahan frekuensi dan rute Transjakarta akan ditujukan untuk layanan menuju tempat wisata, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara dan Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan. Rinciannya, rute 4H Pulo Gadung 2-Ragunan, 13D Puri Beta-Ragunan, 5H Harmoni-Ancol dan 7D Kampung Rambutan (TMII)-Pancoran.

Selain itu, pada 24 Desember 2022, operasional seluruh layanan reguler diperpanjang hingga pukul 23.00 WIB. Untuk layanan angkutan malam hari tetap beroperasi normal pada pukul 22.00–05.00 WIB.

TransJakarta juga akan menambah bus wisata sebanyak lima unit yang beroperasi pada rute Jakarta Baru (Istiqlal–Bundaran HI) dan Jakarta Pusat hingga Selatan (IRTI–Bundaran Senayan) selama periode 25 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Sebanyak 60 bus yang ditempatkan di titik keramaian saat malam Nataru 2023 yaitu TMII, Bundaran HI, Ragunan hingga Ancol. Penambahan jumlah armada itu akan melengkapi bus Transjakarta yang beroperasi reguler pada malam Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Baca Juga : Aturan Naik Kereta Bagi Anak-Anak, Simak Aturannya!