Google Akan Hapus Akun yang Tak Aktif

Google mengumumkan akan menghapus akun penggunanya yang lama tidak aktif atau belum pernah dipakai sama sekali.

Google Akan Hapus Akun yang Tak Aktif
Google akan hapus akan yang tidak aktif. Gambar : pexels.com/Dok. Breet Jordan

BaperaNews - Google mengumumkan akan menghapus akun penggunanya yang lama tidak aktif atau belum pernah dipakai sama sekali.

Pengumuman Google hapus akun tersebut disampaikan Selasa (17/5), pada saat itu perusahaan mulai menghapus akun yang tidak aktif setidaknya 2 tahun atau lebih dengan tujuan mencegah resiko keamanan.

Kebijakan terbaru Google hapus akun ini segera berlaku, namun ada pula pernyataan penghapusan akun tidak akan dilakukan hingga Desember tahun ini.

Google akan mengirim terlebih dahulu peringatan kepada pengguna tentang wacana pembersihan akun yang tidak aktif. Akun pertama yang dihapus ialah akun yang dibuat dan tidak pernah dikunjungi kembali oleh pembuatnya.

Kebijakan Google hapus akun hanya berlaku untuk akun pribadi, tidak untuk akun organisasi seperti akun milik bisnis atau sekolah. Perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat ini menjelaskan keputusan dibuat pada temuan internal bahwa akun lama mengandalkan kata sandi yang didaur ulang dan kecil kemungkinannya untuk mereka memakai langkah keamanan yang terbaru seperti verifikasi dua langkah.

“Sehingga mereka lebih rentan pada masalah peretasan, spam, dan phising” tutur Google.

Baca Juga : Google Search Bakal Pasang Chatbot AI

Keputusan Google untuk menghapus akun nonaktif ini ialah langkah terbaru, sebelumnya di tahun 2000 Google menyampaikan akan menghapus konten dan layanan yang tidak dipakai lagi namun akunnya tidak dihapus.

Google menghimbau pengguna agar akunnya bebas dari pemusnahan, harus masuk ke akun Google atau layanan Google lainnya misalnya membaca email, nonton video, melakukan pencarian, atau aktifitas lainnya agar akun tetap terdeteksi aktif.

“Cara paling mudah untuk menjaga akun Google tetap aktif ialah dengan masuk ke akun setidaknya sekali tiap dua tahun, jika Anda masuk ke akun Google Atau layanan Google baru-baru ini, itu sudah dianggap aktif dan tidak akan dihapus” pungkas Google.

Banyaknya akun Google yang sekedar dibuat namun tidak pernah dipakai memang jadi beban tersendiri termasuk mengurangi peluang pengguna lain untuk memakai username yang sama. Jika akun Google yang tidak pernah aktif dihapus, maka nama akun tersebut bisa dipakai oleh pengguna lain.

Dengan demikian Google bisa memiliki akun lebih berkualitas yang benar-benar dipakai pengguna untuk segala kegiatan baik itu email atau layanan lainnya untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

Baca Juga : Google Akan Larang Aplikasi Pinjol Minta Data Kontak dan Foto