Instagram Rilis Fitur Video Notes, Durasi Video Bisa 2 Detik

Instagram menghadirkan inovasi baru dengan merilis fitur Video Notes yang memungkinkan pengguna bisa membuat video berdurasi 2 detik.

Instagram Rilis Fitur Video Notes, Durasi Video Bisa 2 Detik
Instagram Rilis Fitur Video Notes, Durasi Video Bisa 2 Detik. Gambar : Unsplash/Bastian Riccardi

BaperaNews - Instagram menghadirkan inovasi baru dengan merilis fitur Video Notes, memperluas fungsi dari fitur Notes yang pertama kali diperkenalkan setahun yang lalu. Pada awalnya, Notes hanya memungkinkan pengguna untuk membagikan catatan berupa teks atau emoji.

Kemudian, fitur ini berkembang dengan adanya kemampuan membagikan musik. Kini, Instagram memperkenalkan Video Notes, memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek berdurasi dua detik.

Sebagaimana dilaporkan oleh Tech Crunch pada Kamis (14/12/2023), Video Notes akan terlihat oleh pengikut bersama atau Teman Dekat selama 24 jam, menjadikannya sebagai tambahan yang menarik namun tidak menggantikan fitur Instagram Stories.

Bedanya, pengguna hanya bisa membagikan konten dari kamera depan saat berbagi Video Notes, dan proses perekaman harus dilakukan dalam aplikasi Instagram, tidak bisa mengunggah video dari galeri kamera ponsel.

Proses pembuatan Video Notes cukup sederhana. Pengguna hanya perlu masuk ke Direct Message (DM), mengetuk foto profil di Notes, dan kemudian mengklik tombol kamera di atas foto. Setelah itu, pengguna dapat mengetuk tombol rekam untuk merekam video dua detik, serta menambahkan teks sebelum mempostingnya.

Salah satu perbedaan kunci antara Video Notes dan Video Stories adalah kemampuan pengguna untuk membalas Catatan dengan berbagai opsi. Pengikut atau teman pengguna tidak hanya bisa memberikan balasan berupa teks, namun juga berupa audio, foto, video, gif, atau stiker.

Balasan Catatan ini akan masuk sebagai Direct Message. Fitur Video Notes ini sebelumnya dihadirkan sebagai alternatif pesaing Twitter (sekarang X) ketika pertama kali diluncurkan pada bulan Desember 2022.

Baca Juga : Baru! Instagram Rilis Fitur Close Friend untuk Feeds dan Reels

Fitur baru Instagram ini memungkinkan pengguna berkomunikasi menggunakan teks, memberikan alternatif selain Twitter setelah akuisisi oleh Elon Musk. Namun, tidak seperti yang diperkirakan, Threads yang diluncurkan pada Agustus 2023 menjadi pesaing utama Twitter.

Seiring dengan pengenalan Video Notes, Instagram juga memberikan pembaruan pada fitur Reels. Pengguna kini dapat mengunduh konten Reels secara langsung dari platform, asalkan konten tersebut tersedia untuk publik. Pengumuman ini disampaikan oleh Adam Mosseri, Bos Instagram, melalui Broadcast Channel-nya pada Jumat (24/11/2023).

"Anda sekarang bisa menyimpan Reels yang dibuat akun publik ke camera roll - semua reel yang diunduh akan mendapatkan watermark dengan handle kreator Instagram," kata Mosseri.

Fitur ini sebelumnya sudah diluncurkan di Amerika Serikat pada awal tahun 2023 dan kini tersedia untuk semua pengguna global. Pengguna dapat mengunduh konten Reels dengan langkah-langkah sederhana, seperti membuka konten video atau Reels, menekan ikon Share, dan memilih Download.

Meskipun pengguna dapat mengunduh Reels, Mosseri menegaskan bahwa akun publik masih memiliki kontrol atas fitur ini dan dapat mematikannya jika tidak ingin kontennya diunduh oleh pengguna lain. Pengaturan ini dapat diakses melalui opsi Advanced Settings pada saat membuat Reels.

Pengguna juga dapat mengatur pengaturan unduhan untuk Reels yang sudah dibagikan. Langkah-langkahnya melibatkan memilih reels yang ingin diatur, menekan ikon tiga titik, memilih Manage, dan kemudian memilih Turn off downloading atau Turn on downloading, sesuai dengan preferensi pengguna.

Baca Juga : Instagram Kembangkan Fitur 'AI Friend', Diklaim Bisa Diajak Bicara