Baru! Instagram Rilis Fitur Close Friend untuk Feeds dan Reels

Baca informasi terbaru! Instagram merilis pembaruan fitur Close Friend untuk Reels dan Feeds, memungkinkan pengguna meningkatkan kontrol privasi dalam berbagi konten.

Baru! Instagram Rilis Fitur Close Friend untuk Feeds dan Reels
Baru! Instagram Rilis Fitur Close Friend untuk Feeds dan Reels. Gambar : Dok.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto

BaperaNews - Instagram secara resmi merilis fitur terbarunya, Close Friend, untuk Reels dan Feeds. Meskipun sebelumnya sudah pernah dirilis oleh Meta pada tahun 2019, namun fitur ini kini mengalami pembaruan dengan mencakup seluruh bagian platform Instagram.

Close Friend awalnya hadir sebagai fitur terbatas untuk Instagram Stories, memungkinkan pengguna untuk membagikan konten hanya kepada teman terdekat mereka. Kini, pemilik platform Meta, Mark Zuckerberg, mengembalikan dan memperbarui fitur ini dengan menyertakannya dalam Reels dan Feeds.

Mark Zuckerberg mengumumkan rilisnya fitur Close Friend ini melalui Meta Channel di Instagram pada Rabu (15/11). Dengan adanya pembaruan ini, para pengguna Instagram dapat lebih mudah mengontrol siapa saja yang dapat melihat unggahan mereka, meningkatkan tingkat privasi dalam berbagi konten.

"Berbagi unggahan dengan teman dekat kini diperluas ke Feeds dan Reels. Lebih banyak opsi posting yang bisa dibagikan ke grup yang lebih kecil," tulis Zuckerberg di Meta Channel.

Baca Juga : Instagram Kembangkan Fitur 'AI Friend', Diklaim Bisa Diajak Bicara

Cara penggunaan fitur Close Friend untuk Reels dan Feeds tidak berbeda jauh dengan penggunaan pada Instagram Stories. Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unggah foto/video di Reels atau Feeds akun Instagram pribadi.
  2. Saat muncul halaman pengunggahan, akan tersedia kolom "Audience" di bagian bawah menu caption.
  3. Pilih opsi "Close Friend".
  4. Unggah.

Apabila seseorang ditambahkan ke daftar Close Friend pada postingan Reels dan Feeds, maka pada unggahan foto/video yang muncul di timeline akan terdapat logo Bintang Hijau di sebelah username pengguna. Sedangkan, jika ditambahkan pada postingan Instagram Stories, akan terdapat 'Lingkaran Hijau' di sekitar foto profil pengguna.

Pembaruan ini menandai upaya Instagram untuk terus bersaing dengan aplikasi lain seperti TikTok dan Twitter yang semakin diminati oleh para konten kreator. Sebelumnya, Instagram juga telah menambahkan durasi fitur Reels menjadi 10 menit, meningkat dari durasi awalnya yang hanya 3 menit.

Baca Juga : Hanya Modal Diam, Live Nicholas Saputra di Instagram Tembus 10 Ribu Penonton