Bunga Bank Kini 0%, Nabung Di Bank Bakal Habis kepotong Admin?

Suku bunga tabungan perbankan kini menyentuh angka 0%. Akankah saldo tabungan yang tersimpan akan habis untuk biaya admin?

Bunga Bank Kini 0%, Nabung Di Bank Bakal Habis kepotong Admin?
Suku bunga tabungan perbankan kini menyentuh angka 0%. Akankah saldo tabungan yang tersimpan akan habis untuk biaya admin? Gambar : Pixabay.com/Dok. Mrganso

BaperaNews - Suku bunga tabungan perbankan kini menyentuh angka 0%. Sejumlah Bank memberlakukan kebijakan ini untuk jenis tabungan tertentu.

Salah satunya di Bank Mandiri jenis Tabungan Rupiah, untuk saldo tabungan Rp 0 – 1 juta suku bunganya 0%, saldo tabungan Rp 1 juta – kurang dari 50 juta juga 0% bunganya. Sedangkan untuk biaya administrasi Rp 12.500 – 18.000 per bulan, sesuai dengan jenis kartu atau tabungan yang dipakai.

Apakah artinya saldo tabungan lama-lama bisa habis termakan biaya admin?

Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengungkap, memang untuk jenis tabungan dengan bunga bank 0%, jumlah tabungan bisa dipengaruhi biaya admin. Menurutnya, rekening tabungan sebaiknya bukan dipakai untuk mengembangbiakkan uang.

“Karena dengan bunga 0%, sudah pasti tidak akan ada keuntungannya, apalagi sekarang ada inflasi dan BBM naik” ujarnya Senin (5/8).

Andy menyebut, tabungan dengan jenis bunga bank 0% sebaiknya hanya dipakai untuk cash flow sehari-hari misalnya untuk rekening penerimaan gaji atau media transaksi bisnis.

Sebab dengan biaya admin yang dikenakan per bulan, pihak Bank juga memberi fasilitas berupa mesin ATM yang jaringannya luas serta transaksi mobile atau internet banking yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga : Jokowi Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah, Ini Fungsinya!

“Jadi kalau simpan uang di Bank lebih baik untuk transaksi keuangan, bukan untuk menabung, jika ingin mendapat untung bisa simpan di deposito” imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Presiden Direktur PT BCA Central Asia Tbk Jahja Setia Atmadja, ia menyebut biaya admin bank memang dipakai untuk pengembangan sarana dan prasarana untuk nasabah itu sendiri.

Dengan demikian, nasabah bisa lebih mudah ketika melakukan beragam transaksi. “Misalnya internet banking dan mobile banking bisa dipakai 24 jam, jaringan ATM luas ada dimana-mana” terangnya.

Menurutnya, jika memang ingin menabung dan tidak kena biaya admin, bisa memilih produk tabungan dengan biaya admin yang rendah atau gratis, namun memang ada kelemahannya juga yakni jenis transaksi terbatas dan tidak bisa menggunakan layanan e-channel.

Memang setiap biaya yang dikeluarkan, tentu berhubungan dengan fasilitas yang didapatkan. Pilih jenis tabungan sesuai kebutuhan dengan biaya admin yang masih dalam jangkauan dan tidak terlalu berpengaruh pada jumlah saldo tabungan. 

Baca Juga : Transaksi Digital Menjamur, Kiamat ATM Semakin Nyata. Gimana Cara Ambil Uang?