Instagram Kembangkan Fitur 'AI Friend', Diklaim Bisa Diajak Bicara

Instagram merilis fitur terbaru, "AI Friend", yang akan menghadirkan teman virtual yang dapat diubah sesuai keinginan pengguna. Simak selengkapnya!

Instagram Kembangkan Fitur 'AI Friend', Diklaim Bisa Diajak Bicara
Instagram Kembangkan Fitur 'AI Friend', Diklaim Bisa Diajak Bicara. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Instagram, sedang mengembangkan fitur yang akan menghadirkan pengalaman interaksi baru bagi para pengguna. Fitur ini disebut "AI Friend" dan diharapkan menjadi teman virtual yang dapat diajak berkomunikasi sesuai keinginan penggunanya.

Teknologi chatbot AI akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman AI ini, menjawab pertanyaan, berdiskusi tentang berbagai topik, dan bertukar pikiran. Kabar ini datang dari bocoran yang dibagikan oleh peneliti aplikasi, Alessandro Paluzzi.

Menurut bocoran yang diunggah oleh Alessandro Paluzzi, fitur "AI Friend" di Instagram memungkinkan pengguna untuk memilih jenis kelamin dan usia teman AI mereka.

Lebih menarik lagi, pengguna dapat memilih etnis dan kepribadian teman AI mereka. Dalam pengembangan fitur ini, kepribadian yang dapat dipilih termasuk yang pendiam, antusias, kreatif, cerdas, atau pragmatis.

Pengguna bahkan dapat memilih minat teman AI mereka, seperti DIY, hewan, karier, pendidikan, musik, hiburan, alam, dan banyak lagi.

Baca Juga : X/Twitter Akan Minta Uang untuk Iklan yang Sebar Unggahan Hoaks

Setelah menentukan pilihan, pengguna akan dapat mengkustomisasi avatar dan memberikan nama kepada teman AI mereka. Kemudian, mereka akan dibawa ke fitur chat untuk mulai berkomunikasi dengan teman AI yang sudah dipilih.

Namun, Instagram sendiri masih merahasiakan sebagian besar detail fitur "AI Friend" ini dan belum memberikan komentar resmi mengenai fitur tersebut.

Tidak hanya Instagram, platform media sosial lain yang dimiliki oleh Meta, seperti WhatsApp dan Messenger, juga sedang mengembangkan fitur serupa. Ini menunjukkan bahwa Meta, sebagai perusahaan Induk Instagram, sedang berinvestasi dalam teknologi chatbot AI dan mencoba untuk menghadirkan pengalaman interaktif yang unik bagi para pengguna.

Mark Zuckerberg, CEO Meta, juga telah secara terbuka mengungkapkan bahwa Meta tengah mengembangkan berbagai jenis kecerdasan buatan dengan tujuan yang berbeda.

Meskipun belum ada tanggal resmi untuk peluncuran fitur "AI Friend" di Instagram, mari kita tunggu tanggal perilisannya ya!

Baca Juga : Resmi! Instagram dan Facebook Jual Fitur Berbayar Untuk Hindari Iklan