Resmi! Instagram dan Facebook Jual Fitur Berbayar Untuk Hindari Iklan

Meta, perusahaan di balik Facebook dan Instagram, telah meluncurkan opsi berlangganan tanpa iklan bagi pengguna di Eropa.

Resmi! Instagram dan Facebook Jual Fitur Berbayar Untuk Hindari Iklan
Resmi! Instagram dan Facebook Jual Fitur Berbayar Untuk Hindari Iklan. Gambar: Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Meta, perusahaan di belakang platform Facebook dan Instagram, baru saja meluncurkan opsi berlangganan berbayar bagi pengguna di wilayah Eropa. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menikmati kedua platform tersebut tanpa iklan dengan membayar biaya bulanan.

Pengguna Facebook dan Instagram di Uni Eropa (UE), Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), termasuk negara-negara seperti Jerman dan Perancis, serta Swiss, sekarang dapat memilih untuk berlangganan layanan tanpa iklan dari kedua platform ini.

Biaya berlangganan ini adalah 9,99 euro per bulan untuk versi web Facebook dan Instagram. Bagi pengguna yang lebih memilih menggunakan aplikasi Android dan iOS, biaya berlangganan dikenakan sebesar 12,99 euro per bulan.

Dengan berlangganan tanpa iklan ini, Meta menegaskan bahwa mereka tidak akan menggunakan data pelanggan untuk kepentingan iklan. Sebelumnya, Meta telah mendapat sorotan dari regulator Eropa karena melanggar aturan perlindungan data UE sehubungan dengan iklan. Mereka dihukum dengan denda sebesar 390 juta euro pada Januari 2023 karena pelanggaran tersebut.

Baca Juga : X/Twitter Akan Minta Uang untuk Iklan yang Sebar Unggahan Hoaks

Meta menyatakan bahwa inisiatif berlangganan ini adalah cara mereka untuk mematuhi aturan UE dan sekaligus memberikan pilihan kepada pengguna, sambil tetap melayani semua orang di UE, EEA, dan Swiss..

Penting untuk dicatat bahwa meskipun opsi berbayar telah tersedia, pengguna masih dapat menggunakan Facebook dan Instagram secara gratis dengan iklan. Namun, ada beberapa perbedaan terkait biaya berlangganan tergantung dari mana Anda berlangganan.

Jika Anda berlangganan melalui aplikasi iOS dan Android, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 3 euro per bulan. Namun, biaya tambahan ini tidak berlaku jika Anda berlangganan melalui situs web Facebook dan Instagram.

Selain itu, perhatikan bahwa mulai Maret 2024, pengguna akan dikenai biaya berlangganan yang lebih besar untuk akun tambahan yang mereka miliki, baik akun pribadi maupun akun bisnis. Jadi, pengguna perlu mempertimbangkan apakah opsi berbayar ini cocok bagi mereka dan berapa banyak akun yang akan mereka berlangganan.

Sebelumnya, Meta juga meluncurkan fitur Meta Verified yang memungkinkan pengguna untuk memverifikasi akun mereka dengan kartu identitas dan mendapatkan centang biru sebagai tanda verifikasi. Fitur ini dihargai sekitar USD 11,99 per bulan untuk versi web dan USD 14,99 per bulan untuk iOS.

Baca Juga : Instagram Minta Maaf Usai Sebut Orang Palestina Teroris Dalam Bio Profile