Google Buka Beasiswa Pelatihan AI di Indonesia untuk 10.000 Pelajar!

Google membuka beasiswa pelatihan AI untuk 10.000 pelajar di Indonesia melalui Sertifikat Google Karier. Baca selengkapnya di sini!

Google Buka Beasiswa Pelatihan AI di Indonesia untuk 10.000 Pelajar!
Google Buka Beasiswa Pelatihan AI di Indonesia untuk 10.000 Pelajar!. Gambar : Unsplash/Jonny Gios

BaperaNews - Google telah mengumumkan pembukaan beasiswa pelatihan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk 10.000 pelajar di Indonesia.

Program beasiswa ini diselenggarakan melalui Sertifikat Google Karier (Google Career Certificates), yang merupakan hasil dari kerja sama antara Google, program Digital Talent Scholarship Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Telkom Indonesia.

Pelatihan AI menjadi hal yang sangat penting untuk mempersiapkan tenaga kerja dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dan peluang yang dibawa oleh AI. Program beasiswa Google ini menawarkan pengajaran langsung dari para ahli, bimbingan yang dipersonalisasi, dan sertifikasi yang diakui oleh industri.

Direktur Government Affairs and Public Policy Google Indonesia, Putri Alam, menyampaikan bahwa program ini mencakup berbagai aspek yang komprehensif, termasuk pengajaran oleh para ahli, bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta, dan sertifikasi yang diakui oleh industri.

Pendanaan untuk program ini diumumkan dalam acara Google AI untuk Indonesia Emas 2045 yang diselenggarakan di Jakarta pada Senin, (3/6).

Program beasiswa ini terbuka untuk semua yang berminat, tanpa memerlukan pengalaman sebelumnya. Peserta juga dapat belajar sesuai dengan jadwal mereka sendiri. Namun, syarat khusus untuk penerimaan beasiswa belum dijelaskan secara rinci oleh Google. Yang pasti, 10.000 beasiswa ini ditujukan bagi pelajar di Indonesia.

Baca Juga: Google Pecat 50 Orang Gegara Demo Israel

Pendaftaran untuk beasiswa yang bekerja sama dengan Kemenkominfo dapat diakses melalui website Digitalent, sementara beasiswa yang bermitra dengan Telkom tersedia khusus untuk pegawai Telkom.

Selain memberikan beasiswa pelatihan, Google juga baru-baru ini mengumumkan AI Opportunity Fund: Asia-Pacific senilai US$15 juta (sekitar Rp 243 miliar) yang didukung oleh Google.org. Dana ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan utama di bidang AI dan membangun para pekerja serta pencari kerja, terutama dari komunitas yang kurang terlayani di kawasan Asia-Pasifik.

Melalui kerja sama dengan jaringan investor sosial Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) dan didukung oleh Asian Development Bank, dana ini akan digunakan untuk mengundang proposal dari organisasi sosial yang dapat membantu dalam menyediakan pelatihan AI bagi masyarakat di kawasan Asia-Pasifik.

Dana ini juga akan membantu mengatasi hambatan belajar, seperti terbatasnya akses ke sumber daya pendidikan.

Cara mendaftar untuk beasiswa AI Google juga telah dijelaskan. Peserta program Digitalent Kominfo dapat mengakses website digitalent.kominfo.go.id untuk mendaftar. Syarat pendaftaran umumnya meliputi email aktif, nama lengkap sesuai KTP, NIK, nomor HP aktif, dan data pribadi lengkap sesuai form pendaftaran.

Baca Juga: Wow! Google Meet Rilis Filter Beauty