Sering Mampet, Ular Piton 4 Meter Ditemukan di Saluran Air Rumah Warga

Penemuan ular piton sepanjang 4 meter di saluran pembuangan rumah Ribut Supriyadi di Jember mengejutkan warga. Baca selengkapnya di sini!

Sering Mampet, Ular Piton 4 Meter Ditemukan di Saluran Air Rumah Warga
Sering Mampet, Ular Piton 4 Meter Ditemukan di Saluran Air Rumah Warga. Gambar : Dok. Damkar Jember

BaperaNews - Penemuan yang mengejutkan terjadi di Dusun Kloncing Utara, Desa Patemon, Kecamatan Pakusari, saat seorang warga bernama Ribut Supriyadi menemukan seekor ular Piton Sanca Kembang berukuran panjang 4 meter tersangkut di dalam pipa saluran pembuangan rumahnya.

Penemuan ular piton ini terjadi saat Ribut hendak mencuci pakaian di belakang rumahnya dan menemukan bahwa saluran pembuangan air tersumbat.

Ribut menceritakan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 pagi ketika dia mendengar bunyi aneh dari arah lubang saluran pembuangan.

"Awalnya saluran pembuangan air di belakang rumah tempat mencuci tersumbat. Tiba-tiba terdengar bunyi aneh dari arah lubangnya. Kejadian itu sekitar pukul 05.00 pagi," ujar Ribut saat dihubungi di rumahnya, Minggu (9/6).

Saat diperiksa, dia dan keluarganya terkejut menemukan tubuh ular yang terjebak di dalam pipa tersebut. Meskipun berusaha untuk mengeluarkannya, namun sulit dilakukan karena ukuran ular yang besar.

"Ketika kami periksa lubang saluran, kami melihat tubuh ular. Kami berusaha mengeluarkannya namun sulit," ungkapnya.

Baca Juga: Hilang Seharian, Wanita di Sulsel Ternyata Ditelan Ular Piton 5 Meter

Karena kesulitan tersebut, Ribut segera menghubungi petugas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Jember.

Sekitar pukul 06.15 WIB, lima petugas dari Regu B Mako Pemkab Jember tiba di lokasi untuk membantu evakuasi ular tersebut. Proses evakuasi memakan waktu sekitar 2 jam karena pipa pembuangan harus dibongkar terlebih dahulu sebelum ular bisa dikeluarkan.

Ular yang berhasil dievakuasi memiliki panjang sekitar 4 meter 26 sentimeter dengan diameter sekitar 9-10 cm. Ribut menyatakan bahwa kejadian tersebut sangat mengejutkan baginya, terutama karena ukuran ular yang begitu besar. Dia juga mengungkapkan bahwa tetangga di sebelah rumahnya sebelumnya juga menemukan ular yang lebih kecil di dapurnya.

Salah satu petugas Damkar, Crisdian, menduga bahwa ular tersebut masuk ke saluran pembuangan saat mencari mangsanya. Dia menyatakan bahwa ular terlihat kurus, menunjukkan bahwa ular tersebut mungkin belum memakan apa pun.

Crisdian juga menjelaskan bahwa ular tersebut akan diamankan di Mako dan kemungkinan akan diserahkan kepada BKSDA Jember atau dilepaskan di tempat yang jauh dari pemukiman warga.

Baca Juga: Penumpang Syok Mobil Travel yang Ditumpangi Bawa Paket Ular Piton, Marahi Pengirim: Otak di Mana?