Anggota Brimob Asal Sulut Tewas Ditembak KKB

Briptu Rudi Agung, seorang anggota Brimob Sulawesi Utara, tewas dalam kontak tembak mematikan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Pegunungan Bintang, Papua.

Anggota Brimob Asal Sulut Tewas Ditembak KKB
Anggota Brimob Asal Sulut Tewas Ditembak KKB. Gambar : Dok. Satgas Damai Cartenz

BaperaNews - Briptu Rudi Agung, seorang personel Brimob Sulawesi Utara tewas dalam kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan hari Senin siang (18/9). Briptu Rudi Agung ialah personel Satgas Tindak Operasi Damai Cartenz.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno menyebut brimob Sulut ditembak KKB ketika terjadi kontak tembak di Kampung Yapimakot, Distrik Serambakon pukul 11.00 WIT ketika petugas kepolisian sedang melakukan patroli rutin.

“Saat melaksanakan tugas patroli, brimob ditembak KKB Papua. Seluruh rombongan brimob ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata sehingga terjadi kontak tembak, salah satu personil kami, Briptu Rudi Agung tewas tertembak” jelas AKBP Bayu.

Pihak kepolisian sedang melakukan pengejaran kepada personil Kelompok Kriminal Bersenjata yang terlibat dalam aksi tersebut.

Selama ini KKB masih banyak berbuat keonaran dan menyebabkan kekhawatiran pada masyarakat Papua sebab itu aparat kepolisian melakukan patroli rutin untuk pengamanan namun ketika bertugas justru brimob sulut ditembak hingga tewas.

“Brimob ditembak KKB Papua telah tewas. Saat ini kami sedang mengejar KKB tersebut” pungkas AKBP Bayu. 

Baca Juga : 3 Warga Papua Tewas Diduga Ditembak KKB

Aparat gabungan telah mengevakuasi jenazah brimob ditembak KKB Papua untuk dibawa ke rumah sakit dan diserahkan pada pihak keluarga.

Baku tembak antara aparat dan KKB sebelumnya juga terjadi pada hari Kamis (14/9) pukul 14.50 WIT dimana kala itu ada 5 anggota KKB tewas. Diduga karena ada anggota mereka yang tewas, KKB melakukan serangan balik dan mengincar petugas.

“Lima korban diduga kuat KKB. Jenazah sudah ada di RSUD Dekai untuk otopsi. Semua barang bukti telah diamankan di Polres Yakuhimo untuk kepentingan penyelidikan” kata Kabid Humas Polda Papua Kompol Ignatius Benny Jumat (15/9) lalu.

Brimob Sulut Briptu Rudi Agung telah tewas ketika bertugas membela negara, tentu ia menjadi salah satu pahlawan yang bekerja sungguh-sungguh untuk tanah air.

Pihak kepolisian dan aparat gabungan menyampaikan duka mendalam, semoga korban diterima di tempat terbaik oleh Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan.

KKB menuntut kemerdekaan Papua. Sebelumnya pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens disandera oleh KKB dan hingga saat ini tidak diketahui bagaimana nasibnya. KKB meminta pemerintah Indonesia memberikan kemerdekaan untuk Papua baru ia akan menyerahkan Philip. Belum ada solusi maupun tindakan terbaik untuk atasi KKB.

Baca Juga : Paskibra Trikora Papua Ditembaki KKB saat Latihan Upacara