Bandung Diterjang Banjir, Wilayah Braga Ditutup!

Banjir bandang melanda sejumlah kawasan di Kota Bandung, salah satunya Braga. Akibat banjir tersebut, seluruh jalan Braga ditutup.

Bandung Diterjang Banjir, Wilayah Braga Ditutup!
Bandung Diterjang Banjir, Wilayah Braga Ditutup! Gambar : Detikcom/Dok. Bima Bagaskara

BaperaNews - Banjir bandang melanda Kota Bandung pada Kamis (11/1), mengakibatkan penutupan Jalan Braga.

Banjir ini merendam sejumlah kawasan, termasuk Braga yang merupakan salah satu kawasan elite di Kota Bandung. Informasi banjir Bandung ini tersebar luas melalui potongan foto dan video yang viral di media sosial.

Dari unggahan netizen, tinggi banjir mencapai hampir 1 meter. Banyak yang menyebutkan bahwa banjir saat ini merupakan yang terparah sejak kejadian serupa pada tahun 2018.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana, menyatakan pihaknya telah mempercepat penanganan dengan melakukan koordinasi bersama Dinas Perhubungan Kota Bandung, termasuk menutup sepanjang Jalan Braga bagi kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Kalau misalkan sekarang banyak masyarakat sampai tidak ditutup jalan, akhirnya banyak kerumunan dan kita akan kesulitan untuk melakukan evakuasi," ujar Gun Gun Sumaryana seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga : Lautan Pasir Gunung Bromo Banjir, Pemotor Pada Terjebak!

Seiring dengan penutupan jalan, pihak terkait juga melakukan pengecekan terhadap warga yang terdampak.

"Jadi memang saat ini kita masih melakukan pengecekan apakah ada warga yang terdampak. Mudah-mudahan tidak ada yang korban meninggal dunia," tambahnya.

Diskar PB Kota Bandung menjelaskan bahwa banjir bandang terjadi sekitar pukul 16.30 WIB di kawasan Braga, Kota Bandung.

Banjir Braga ini disebabkan oleh intensitas hujan tinggi hingga menyebabkan tanggul sungai Cikapundung jebol. Hingga pukul 22.00 WIB, sebanyak 600 rumah warga terdampak, terutama di 4 RW di Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung.

Sebanyak 150 orang dievakuasi, dan tiga di antaranya dalam kondisi sakit. Tempat evakuasi melibatkan gedung TK dan sekitar Hotel Gino Feruci.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat dan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung mengimbau warga untuk menjauhi lokasi banjir bandang dan mengungsi ke tempat yang aman.

Baca Juga : Apartemen Serpong Garden Kebanjiran, Puluhan Mobil Terendam di Basement