Mulai 1 April Twitter Hapus Centang Biru Gratis

Twitter akan menghapus centang biru gratis mulai 1 April 2023. Nantinya akun verified dengan centang biru gratis harus siap bayar biaya langganan bulanan.

Mulai 1 April Twitter Hapus Centang Biru Gratis
Mulai 1 April Twitter Hapus Centang Biru Gratis. Gambar : Reuters/Dok. Jacob-Philips

BaperaNews - Twitter mengumumkan akan menghapus centang biru gratis mulai 1 April 2023. Maka seluruh akun verified dengan centang biru gratis harus bersedia bayar biaya langganan bulanan untuk tetap mempertahankan centang biru mereka.

Akun centang biru gratis biasanya dimiliki oleh perusahaan, pejabat berpengaruh, selebritis, dan tokoh terkenal lainnya. Centang biru yang mereka miliki akan tetap dihapus jika mereka tidak bersedia membayar biaya langganan. Keputusan ini diambil oleh Elon Musk yang telah mengakuisisi Twitter sejak Oktober 2022.

“Mulai 1 April 2023 kami akan hentikan program verifikasi akun yang lama, kami menghapus tanda centang di verifikasi lama. Untuk tetap menjaga tenda ceklis biru di akun Twitter, Anda bisa mendaftar ke Twitter Blue” bunyi pernyataan resmi Twitter pada Senin (27/1).

Seluruh pengguna Twitter yang memiliki akun centang biru gratis diharuskan membayar US$ 84 setahun atau US$ 8 sebulan (Rp 121.200). Kebijakan dibuat untuk menambah penghasilan Twiter mengingat banyak iklan pergi sejak Twitter diakuisisi oleh Elon Musk. 

Baca Juga : Jack Dorsey Uji Coba Peluncuran Bluesky, Media Sosial Yang Mirip Twitter!

Twitter Blue sebelumnya diluncurkan pada tahun 2021, diklaim sebagai layanan media sosial berbayar dengan teknologi yang lebih canggih seperti bisa menyimpan bookmark ke folder, bisa membatalkan tweet, hingga bisa membuat tweet dengan jumlah kata lebih panjang. 

Twitter Blue terus diperbarui pada November 2022 termasuk tentang kebijakan centang biru. Kala itu, dibuka pendaftaran dengan biaya bagi akun yang ingin mendapat centang biru. Namun kebijakan ini justru berujung munculnya akun-akun palsu centang biru.

Banyak akun palsu centang biru bermunculan, diantaranya mengaku sebagai mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump, akun perusahaan Nintendo, bahkan ada akun centang biru yang mengaku sebagai Elon Musk. Kebijakan itu kemudian dibatalkan.

Kini kebijakan centang biru berbayar kembali diterapkan. Di luar centang biru, Twitter Blue disebut memiliki fitur lebih, yakni bisa edit tweet hingga 5 kali dalam 30 menit, bisa membuat tweet maksimal 4.000 karakter, hanya melihat iklan 50% lebih sedikit di beranda, menjadi prioritas untuk penyebutan maupun pencarian, dan bisa posting video HD.

Untuk perusahaan, biaya Twitter Blue berbeda yakni US$ 1.000 sebulan di akun utama dan US$ 50 sebulan di akun tambahan. 

Baca Juga : Biaya Langganan dan Fitur Eksklusif Twitter Blue!