Fakta-Fakta Lowongan CPNS 2023, Ada Kisi-Kisi Tesnya!

Seleksi CPNS 2023 ditargetkan mulai dibuka pada Juni 2023, berikut fakta-fakta lowongan CPNS 2023 hingga kisi-kisi tes CPNS 2023!

Fakta-Fakta Lowongan CPNS 2023, Ada Kisi-Kisi Tesnya!
Fakta-fakta lowongan CPNS 2023. Gambar : ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

BaperaNews - Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2023 ditargetkan pemerintah mulai dibuka pada Juni 2023, seleksi digelar bersama rekrutmen PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Yuk simak fakta - fakta lowongan CPNS 2023 sebagai pandangan dan persiapan untuk Anda yang akan mendaftar.

Fakta - Fakta Lowongan CPNS 2023:

1. Kisi-Kisi Tes CPNS 2023

Kepala Biro Humas, Hukum, & Kerjasama BKN (Badan Kepegawaian Negara) Satya Pratama mengungkap tes CPNS 2023 ada dua tahap, yaitu SKD dan SKB. SKD ialah seleksi kompetensi dasar yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes karakteristik pribadi (TKP), dan tes intelegensi umum (TIU).

Soal SKD dibuat oleh tim dari BKN, Kemendikbud, KemenPANRB, BPPT, dan 22 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang tergabung dalam konsorsium. Soal juga akan dievaluasi terlebih dahulu oleh dosen kompeten, PANRB, BPPT, dan BKN.

Sedangkan SKB ialah seleksi kompetensi bidang, menilai kemampuan yang dimiliki pelamar sesuai kebutuhan formasi jabatan. Tes digelar dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

“Tim sudah siapkan soalnya bersama Panitia Seleksi Nasional dengan BKN tentunya” tutur Deputi SDM PANRB Alex Denni pada Jumat (27/1).

Baca Juga : Seleksi CPNS 2023 Dibuka Lebih Cepat, Kuota Lebih Banyak!

2. Dibuka Lebih Cepat

Lowongan CPNS 2023 dibuka lebih cepat dibanding tahun sebelumnya 2022 lalu. Bulan April 2023 ditargetkan pengumuman formasi agar Juni 2023 bisa dimulai, waktunya lebih awal dimana CPNS 2022 baru dibuka pada Oktober 2022.

“Sudah ada kalendernya, target April sudah menetapkan formasi, jadi lebih awal dari tahun lalu, tahun lalu kan Oktober, sekarang kuartal II sudah ditetapkan formasi dan kuartal III sudah masuk eksekusi” jelas Alex Denni.

3. Banyak Formasi Lowongan CPNS 2023

Alex Denni menyebut formasi di tahun 2023 ini lebih banyak dari sebelumnya, juga terbuka untuk umu, tidak hanya dari sekolah kedinasan. “April kita bungkus jumlah formasinya, cluenya lebih banyak dari tahun 2022, karena tahun 2023 kita targetnya selesai tenaga honorer K2, non ASN, dan lainnya” lanjutnya.

4. Jenis Lowongan CPNS 2023 yang Dibuka

Alex Denni sempat menyampaikan, kemungkinan besar lowongan CPNS yang banyak dibuka tahun 2023 ialah memenuhi kebutuhan guru dan tenaga kesehatan, setelahnya baru tenaga digital. “Memenuhi kebutuhan guru dulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berhubungan dengan digital, kita mau transformasi digital, itu prioritas” pungkas Alex Denni.

Selain itu juga akan dibuka jenis lowongan jabatan tertentu seperti dosen dan hakim serta di wilayah Papua. “Dosen, hakim, jaksa, agen, dan tenaga teknis, juga disiapkan pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua Barat juga DOB Papua” beber Menteri PANRB Abdullah Anas pada kesempatan yang berbeda.

Baca Juga : Lowongan CPNS 2023 Dipastikan Dibuka! Ini Rincian Gaji dan Tunjangannya