Erick Thohir Jawab Tanda Tanya Lapangan Piala Dunia U 17

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, masih menunggu keputusan dari FIFA mengenai lapangan yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Erick Thohir Jawab Tanda Tanya Lapangan Piala Dunia U 17
Erick Thohir Jawab Tanda Tanya Lapangan Piala Dunia U 17. Gambar : Antara/Dok. Nova Wahyudi

BaperaNews - Ketum PSSI, Erick Thohir belum mau bicara tentang lapangan Piala Dunia U 17 mana saja yang akan dipakai untuk ajang Piala Dunia U-17 2023.

Diketahui Indonesia terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru yang tidak siap secara infrastruktur. Sebelumnya Indonesia juga menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 namun dibatalkan karena banyaknya penolakan pada salah satu pesertanya yakni Timnas Israel.

Sementara pada Piala Dunia U-17 2023, Israel tidak masuk sebagai salah satu negara pesertanya, jadi tidak ada masalah untuk para penolak Israel. Salah satu persiapan yang ditanggung Indonesia ialah menyiapkan lapangan Piala Dunia U-17 untuk bertanding.

Ada 5 lapangan Piala Dunia U-17 yang disebut jadi lokasi pertandingan yaitu Gelora Bung Karno, Gelora Bung Tomo, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gelora Jakabaring, dan Si Jalak Harupat. Dari semua stadion tersebut, yang belum bisa maksimal ialah Stadion Si Jalak Harupat karena ada masalah di drainasenya.

Sementara Piala Dunia U-17 2023 digelar pada 10 November-2 Desember 2023. Jika salah satu lapangan yang dipakai memang Gelora Bung Karno (GBK), maka bertabrakan jadwalnya dengan konser Coldplay. Sebab band asal Inggris tersebut juga akan manggung di Indonesia di GBK pada 15 November 2023. 

Baca Juga : Chris Martin Sudah Dengar Desakan Konser Coldplay Dibatalin

Nasib Konser Coldplay di GBK

Pada sesi jumpa pers di Jakarta, Erick Thohir belum bicara tentang venue untuk ajang tersebut, ia menyebut masih menunggu arahan dari FIFA.

“Soal lapangan, ada di titik 0, karena pemerintah sedang merenovasi 22 lapangan lain juga, dan saya rasa saya belum bisa bicara terlalu dalam. Cuma saya tekankan, ini kejuaraan dunia ialah komitmen bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Jadi saya harap kalau bangsa kita ini mau dihargai kita juga harus hargai bangsa sendiri” kata Erick Thohir.

“Nah, ini kita tunggu saja, apa yang diinginkan FIFA. Lapangan mana yang kondisinya seperti apa kita tunggu dulu. Daripada salah ucap, tahunya tidak sesuai ekspektasi. Saya belum bisa nyatakan konser Coldplay itu akan mundur atau tetap, pasti itu yang kita sedang cari solusinya, karena dua-duanya ini event bagus untuk Indonesia. Jangan kita sentral ego, ini yang benar kita harus ngalah. Tapi saya harap memang lapangan utama Timnas harus siap. Karena ini kalender resmi, ini yang saya minta harus sama-sama, FIFA Matchday itu jadi kalender yang utama” pungkas Erick.

Baca Juga : Daftar Negara Lolos Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia