Pertamina Luncurkan BBM Baru "Green 95" Pertama di Surabaya

Pertamina akan segera luncurkan BBM baru bernama “Pertamax Green 95”. Surabaya dipilih jadi kota pertama untuk penjualan bbm baru Pertamina.

Pertamina Luncurkan BBM Baru "Green 95" Pertama di Surabaya
Pertamina Luncurkan BBM Baru "Green 95" Pertama di Surabaya. Gambar : Pixabay.com/Dok. IADE-Michoko

BaperaNews - PT Pertamina akan luncurkan BBM baru yang diklaim ramah lingkungan, bernama “Pertamax Green 95”. BBM baru Pertamina ini ialah Pertamax dicampur dengan etanol 5%. Surabaya jadi kota pertama tujuan penjualan BBM Green 95.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko menyebut Surabaya dipilih jadi kota pertama untuk penjualan karena dekat dengan pabrik etanol yang berada di Mojokerto, Jawa timur, sehingga lebih mudah dalam distribusinya.

“Nanti ada sejumlah SPBU di Surabaya pada tahap awal, karena ini lokasinya dekat dengan Mojokerto. Ada 10 SPBU rencananya” kata Fadjar hari Minggu (25/6).

Produk Pertamax Green 95 di Surabaya saat ini belum diinformasikan kapan tanggal pasti rilisnya, Fadjar juga belum menyebut waktu secara jelas, hanya menyebut peluncuran akan dilakukan segera secara bertahap. Dimulai di Surabaya dan selanjutnya ke seluruh wilayah Indonesia. Pertamina akan melihat respon pasar terlebih dahulu.

“Bertahap ya, Surabaya dulu sambil lihat respon dari masyarakat dan perkembangannya” pungkas Fadjar.

Baca Juga : Bakal Uji Coba Pasar, Segini Harga BBM Bioetanol

“Peluncuran BBM Green 95 di Surabaya akan dijual segera. Selambatnya pada bulan Juli 2023” sambung Corporate Secretary Pertamina Irto Ginting.

Pertamax Green 95 di Surabaya ini digadang-gadang jadi BBM yang lebih ramah lingkungan, dengan perkiraan harga lebih mahal dari Pertamax dan termasuk BBM full bayar atau non subsidi.

BBM Green 95 baru ini ada kandungan sari tanaman di dalamnya sehingga diklaim lebih ramah untuk mesin. Pertamax Green 96 juga mengandung oktan tinggi yakni 95.

Jika uji coba penjualan di Surabaya lancar dan mendapat respon baik dari masyarakat, maka penjualan akan diperluas ke kawasan lain seluruh Indonesia.

Produk BBM Green 95 ini sebenarnya sudah disiapkan sejak tahun 2008, namun sempat terhenti karena masalah ekonomi, kini baru bisa dibuat dengan sempurna dan siap diluncurkan.

“Nah Sekarang karena Presiden minta untuk dijalankan Perpres juga sudah ditandatangani, untuk itu mudah-mudah awal Juli 2023 kita bisa laksanakan di wilayah yang terbatas” jelas Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam kesempatan yang berbeda hari Senin (19/6) lalu.

Maka bagi masyarakat yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya bisa rasakan uji coba Pertamax Green 95 ini paling awal untuk ditinjau langsung apa perbedaan dengan BBM jenis lain serta klaim ramah untuk kendaraan dan lingkungannya.

Baca Juga : Fakta Menarik Terkait Bioetanol, BBM Terbaru Pertamina