Capai Waktu Tercepat, Fahd A Rafiq: Rahmad Adi Mulyono Juarai Nomor Speed dan Bersiap Ke Olimpiade Paris

Atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono, meraih prestasi gemilang dengan juara pertama dan tiket Olimpiade 2024 dalam Kualifikasi Asian Games.

Capai Waktu Tercepat, Fahd A Rafiq: Rahmad Adi Mulyono Juarai Nomor Speed dan Bersiap Ke Olimpiade Paris
Capai Waktu Tercepat, Fahd A Rafiq: Rahmad Adi Mulyono Juarai Nomor Speed dan Bersiap Ke Olimpiade Paris. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Prestasi membanggakan baru saja diraih atlet panjat tebing putra Indonesia, Rahmad Adi Mulyono. Ia berhasil meraih juara pertama nomor speed pada Kejuaraan Panjat Tebing International Federation of Sport Climbing (IFSC) Asian Qualifier 2023.

Event yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta itu tak hanya mengantarkan Rahmad menjadi juara. Lebih dari itu, gelar juara tersebut juga mengantongi tiket ke Olimpiade 2024 di Paris untuk atlet berusia 23 tahun ini.

Di partai final nomor speed putra, Rahmad sukses mencatatkan waktu tercepat 5,35 detik. Catatan waktu itu cukup untuk mengalahkan rekan sesama atlet Indonesia, Kiromal Katibin yang terjatuh saat berusaha mengejar kecepatan Rahmad.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa tiket olimpiade yang sudah berada di tangan harus digunakan untuk bersiap.

“Sangat membanggakan karena tiket olimpiade suadh berada di tangan, maka Rahmad juga pastinya harus bersiap untuk menghadapi lawan lawan dengan waktu yang lebih cepat.” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (13/11).

Rahmad pun tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya atas capaian gemilang ini. Menurutnya, hasil yang diraihnya merupakan buah kerja keras seluruh tim panjat tebing Indonesia. Ia sangat bersyukur bisa mewakili Indonesia di ajang olympiade bergengsi dunia tersebut.

Prestasi ini semakin bermakna lantaran Indonesia juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan kualifikasi Asian Games tersebut. Rahmad merasa tak terkejut bisa meraih tiket Olimpiade lewat kejuaraan kali ini.

Pasalnya menurut Rahmad, nomor speed bersifat tak terduga dan membutuhkan refleks cepat. Yang terpenting baginya adalah fokus agar tak melakukan false start atau terjatuh. Maka yang mampu membuktikan diri lolos, dialah yang terbaik mewakili Indonesia.

“Capaian Rahmad ini patut diapresiasi sebagai prestasi panjat tebing Indonesia di kancah internasional. Semoga keberhasilannya ini bisa menginspirasi atlet-atlet muda Indonesia lainnya agar terus mengasah kemampuan.” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (13/11).

Dengan raihan gemilang di kualifikasi Asia ini, Rahmad Adi Mulyono kini bisa lebih matang mempersiapkan diri menuju Olimpiade 2024 mendatang. Ia harus terus berlatih dan meningkatkan performa, agar bisa membawa pulang prestasi membanggakan untuk Indonesia dari ajang akbar olahraga dunia tersebut.

Penulis : Ahmad G