Warga China Frustasi Lockdown Sampai Finlandia Gabung NATO

Berita dunia paling populer kali ini datang dari warga Beijing China frustasi akibat lockdown yang tak kunjung usai hingga Finlandia yang gabung dengan NATO.

Warga China Frustasi Lockdown Sampai Finlandia Gabung NATO
Warga China Frustrasi Lockdown Sampai Finlandia Gabung NATO. Gambar : AP/Dok. Andy Wong

BaperaNews - Sejumlah peristiwa dari dunia internasional meramaikan berita hari ini, dimulai dari Finlandia yang gabung dengan NATO hingga warga Beijing China yang merasa lelah dan frustasi karena terus menjalani kebijakan lockdown berkepanjangan.

Berikut sejumlah berita internasional terbaru dan terpopuler untuk Anda simak.

  1.       Paranoid Putin dan kroninya disebut akan hancur

Jurnalis dari Rusia membuat sedikitnya 30 artikel yang berisi kritikan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin dan pemerintahan yang diterapkan orang nomor satu di Rusia tersebut di media pro-Kremlin pada hari Senin 9 Mei 2022.

“Putin dan kroninya akan hancur dan menghadapi pengadilan setelah perang selesai” ujar jurnalis bernama Egor Polyakov dan Alexandra Miroshnika.

  1.       Jokowi ke Washington untuk KTT Asean AS

Presiden Indonesia, Jokowi beserta ibu Negara, Iriana telah berangkat ke Washington  pada hari Selasa 10 Mei 2022 pagi hari untuk hadir di acara KTT Asean – AS. Jokowi menekankan acara ini ialah untuk misi perdamaian, kerjasama, dan stabilitas di Indo Pasifik.

Baca Juga : Kim Jong Un Selamati Putin Saat Rusia Peringati Hari Kemenangan

  1.       Finlandia gabung NATO

Menteri Finlandia untuk urusan Eropa, Tytti Tuppurainen menyebut operasi militer Rusia ke Ukraina ialah moment tepat bagi negaranya untuk masuk ke NATO. “Rusia yang sudah menginvasi Ukraina, sekarang masyarakat melihat realita baru dan ini waktunya untuk gabung ke NATO” ujarnya Senin 9 Mei 2022.

  1.       Warga Beijing dan Shanghai merasa dipenjara

Warga Beijing dan Shanghai, China merasa lelah dan stress akibat kebijakan lockdown terus diberlakukan di wilayah tersebut, mereka menjerit frustasi akibat ketatnya lockdown yang diterapkan oleh pemerintahan China, pemerintah sendiri menyatakan tidak punya pilihan lain karena lonjakan kasus covid-19 yang terus naik.

Lantaran sejumlah aturan yang ketat, warga Beijing dan Shanghai, China merasa seperti dipenjara. “Seperti di penjara, kami tidak takut dengan virusnya, kami takut dengan kebijakan lockdown ini” ujar seorang warga bernama Coco Wang hari Senin 9 Mei 2022.

  1.       Dubes Rusia di Polandia disiram cairan merah

Dubes Rusia untuk Polandia, Sergey Andreev disiram cairan merah oleh para demonstran pada hari Senin 9 Mei 2022, kejadian ini terjadi saat Andreev datang ke pemakaman di Warsawa mengunjungi tentara yang tewas pada PD II.

Para demonstran menyebut Rusia pembunuh dan mereka juga membawa sprei putih dengan lumuran darah yang melambangkan korban perang di Ukraina.

Baca Juga : Vladimir Putin Klaim Barat Ingin Invasi Rusia Hingga AS Sanksi WNI Bantu ISIS