Jenazah Ratu Elizabeth II Tiba di Edinburg, Tangis Warga Pecah

Jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Istana Holyroodhouse di Edinburgh, Ratu Elizabeth rencananya bakal dimakamkan pada 19 September 2022.

Jenazah Ratu Elizabeth II Tiba di Edinburg, Tangis Warga Pecah
Jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Edinburg. Gambar : The Washington Post

BaperaNews - Peti jenazah Ratu Elizabeth II telah tiba di Istana Holyroodhouse di Edinburgh usai melalui perjalan darat dari Kastil Balmoral di Aberdeenshire selama enam jam. Ribuan warga menyambut kedatangan peti jenazahnya.

Warga berkerumun di pinggir jalan sekitar Istana untuk memberi penghormatan terakhir pada pemimpinnya, hening terjadi ketika konvoi kendaraan lewat yang kemudian diakhiri dengan tepuk tangan riuh dari warga usai kendaraan melintas.

Di akhir perjalanan konvoi, terlihat para tentara membawa peti jenazah Ratu Elizabeth II ke sebuah ruangan di Istana Holyroodhouse, jenazah akan berada di ruangan tersebut selama satu malam. Peti mati tersebut telah dibungkus oleh spanduk Royal Standart of Skotland dan karangan bunga di atasnya.

Bunga tersebut diambil langsung di kebun Balmoral termasuk salah satunya makanan favorit Ratu, kacang manis. Perjalanan ini ialah rangkaian acara yang pertama dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Selanjutnya peti mati akan dibawa ke Wetminster Abbey, London untuk dimakamkan pada (19/9).

Raja Charles III yang telah resmi menjadi pemimpin kerajaan Inggris akan berada di Edinburg ketika peti jenazah Ratu Elizabeth II dipindah dari Istana Holyroodhouse ke Katedral ST Giles. Peti jenazah juga diletakkan disana selama 24 jam agar masyarakat bisa melayat dan menyampaikan penghormatan.

Baca Juga : Fakta - Fakta Menarik Proklamasi Pangeran Charles Jadi Raja Inggris

Setelahnya, peti jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa ke Istana Buckingham di London untuk persiapan sebelum disemayamkan di Wetminster Hall mulai Rabu (15/9).

Ratu Elizabeth II dimakamkan bersama suaminya Pangeran Philips.

Jenazah Pangeran Philips akan dipindahkan untuk dimakamkan di samping sang istri. Pangeran Philips telah meninggal dunia pada April 2021 lalu. Ratu dan pangeran dimakamkan berdampingan agar keduanya bisa beristirahat bersama - sama.

Prosesi dan Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II

Prosesi pemakaman disebut “Operasi Unicorn” (kode rencana rahasia ketika Ratu Inggris meninggal dunia) untuk biaya pemakamannya tidak akan dilaporkan ke publik, namun sudah bisa dipastikan bakal memakan biaya yang mahal.

Dilansir dari outkick.com pada Minggu (11/9), pemakaman mendiang Putri Diana pada tahun 1997 saja telah menelan biaya Rp 174 Miliar, sedangkan pemakaman ibunda Ratu Elizabeth II pada tahun 2002 menghabiskan biaya Rp 85,9 Miliar.

Sulit untuk membayangkan biaya pemakaman Ratu akan lebih murah mengingat ia begitu dicintai oleh rakyat Inggris. Terlebih, banyak aktivitas bisnis terhenti untuk ikut berduka. Sebagaimana liga sepakbola Inggris yang juga ikut terhenti untuk menandai penghormatan sang Ratu Elizabeth II.

Baca Juga : Ini Alasan Pangeran William Tak Langsung Dapat Gelar Prince Of Wales