Viral! Pasangan Ini Nikah Muda di Usia 15 Tahun

Pasangan santri yang menikah di usia 15 tahun menghebohkan media sosial. Foto-foto pernikahan mereka viral, memicu beragam reaksi netizen dan perhatian dari KPPPA.

Viral! Pasangan Ini Nikah Muda di Usia 15 Tahun
Viral! Pasangan Ini Nikah Muda di Usia 15 Tahun. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Tiktok/@ohmeygatt

BaperaNews - Viral video pasangan santri yang menikah muda di usia 15 tahun. Foto-foto pernikahan tersebut beredar luas di media sosial sejak Senin (9/9). Dalam unggahannya, pasangan santri tersebut mengenakan busana pengantin.

Keterangan pada video yang beredar tertulis "Join the trend, pasangan santri ini nikah muda di usia 15 tahun, usia segitu kalian masih ngapain," yang langsung menarik perhatian warganet.

Foto-foto pasangan santri ini memancing beragam reaksi dari netizen. Banyak yang mengungkapkan keprihatinan terkait usia kedua mempelai, yang masih di bawah umur.

Pernikahan di usia muda ini langsung menuai berbagai komentar dari netizen yang menyoroti dampak psikologis, sosial, dan pendidikan bagi pasangan tersebut.

"Jangan dijadiin trend dong, masih di bawah umur," tulis seorang netizen.

Baca Juga: Beda Usia 41 Tahun, Mantan Kepsek Menikah dengan Muridnya

"Masih sekolah nanya lagi," komentar lainnya dari netizen. 

Meskipun ada yang mendukung dengan alasan mengikuti tradisi atau agama, mayoritas komentar menyoroti dampak negatif pernikahan muda, khususnya di usia 15 tahun yang dianggap belum siap secara mental maupun fisik untuk membina rumah tangga.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) serta berbagai organisasi perlindungan anak telah lama menyoroti masalah pernikahan di bawah umur.

Meskipun hukum di Indonesia memperbolehkan pernikahan bagi perempuan di atas usia 19 tahun, kasus pernikahan di bawah umur tetap banyak terjadi, terutama di daerah pedesaan atau komunitas tertentu. 

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga: Pedangdut Kania Permatasari Diduga Cerai oleh YouTuber Korea, Pernikahannya Hanya untuk Konten