Momen Penuh Khidmat Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Momen bersejarah pengibaran Bendera Merah Putih dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79. Simak Selengkapnya!

Momen Penuh Khidmat Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Upacara HUT RI ke-79 di IKN
Momen Penuh Khidmat Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Upacara HUT RI ke-79 di IKN. Gambar : Detik.com

BaperaNews - Pada Sabtu, 17 Agustus 2024, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 menjadi momen bersejarah dengan dilakukannya pengibaran Bendera Merah Putih di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 
Ini adalah pertama kalinya bendera pusaka Sang Saka Merah Putih berkibar di IKN, yang menandai tonggak baru dalam sejarah perayaan kemerdekaan Indonesia.
Bendera pusaka tersebut sebelumnya diberangkatkan dari tempat penyimpanannya di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Sabtu, 10 Agustus 2024, dan dibawa ke Istana Negara IKN melalui prosesi kirab. 
Upacara pengibaran bendera yang biasanya dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, kali ini untuk pertama kalinya digelar di halaman Istana Negara di IKN.
Pelaksanaan upacara ini semakin istimewa dengan kehadiran iring-iringan suara meriam yang menambah khidmat suasana. 
Setelah komandan upacara HUT RI ke-79, Kolonel Irfantri Nur Wahyudi, memberikan laporan dimulainya upacara kepada inspektur upacara, Presiden Joko Widodo, lima meriam mulai berdentuman secara beriringan, disertai suara sirine, yang menambah kesakralan momen tersebut.
Dalam upacara tersebut, Kolonel Irfantri Nur Wahyudi bertugas sebagai komandan upacara. Ia merupakan komandan satuan 81 Kopassus dan lulusan akademi militer tahun 2001. 
Sementara itu, Brigadir Jenderal TNI Bayu Permana yang menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer VI/Mulawarman, bertindak sebagai perwira upacara. 
Adapun Komandan Kompi Paskibraka tahun ini adalah Kapten Marsekal Muhammad Adam Septian Keulana, lulusan akademi angkatan laut tahun 2014, yang menjabat sebagai Komandan Kompi E Batalyon Infantri 3, Brigadir Infantri 2, Paspar 2, dan Korps Marinir.
Baca Juga : Perayaan HUT RI, Bus Trans Jatim Seluruh Koridor Digratiskan
Pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh Tim Paskibraka Nusantara Baru yang bertugas dengan sukses di tengah suasana yang khidmat. 
Bendera Merah Putih berhasil dikibarkan tepat pada pukul 11.23 WITA, dengan diiringi lagu kebangsaan "Indonesia Raya". 
Upacara ini juga disertai dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPR, Puan Maharani dan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas kelancaran upacara tersebut. 
“Terima kasih, semuanya berjalan baik. Bubarkan,” ujar Jokowi, setelah mendengar laporan dari inspektur upacara usai pengibaran bendera.
Masyarakat yang hadir di IKN terlihat antusias, banyak di antaranya yang merekam momen tersebut dan bertepuk tangan sebagai tanda bahagia atas keberhasilan Tim Paskibraka Nusantara Baru dalam menjalankan tugasnya.
Upacara ini menandai langkah baru dalam tradisi perayaan kemerdekaan Indonesia, yang kini telah merambah ke Ibu Kota Nusantara, sebagai bagian dari visi pembangunan masa depan bangsa. 
Momentum ini diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang dalam menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
Pengibaran Bendera Merah Putih pada HUT RI ke-79 ini tidak hanya menjadi simbol nasionalisme, tetapi juga menegaskan komitmen bangsa Indonesia untuk terus maju dan berkembang bersama IKN sebagai pusat pemerintahan baru di masa depan.
Baca Juga : 11 Daftar Makna Proklamasi 17 Agustus yang Wajib Diketahui