Viral! Kasir Disabilitas Dikatain Driver Ojol: Kalo Tuli Gausah Dikasih Kerjaan

Driver ojol marah pada kasir disabilitas tunarungu dan mengeluarkan kata-kata kasar. Video CCTV ini viral di media sosial

Viral! Kasir Disabilitas Dikatain Driver Ojol: Kalo Tuli Gausah Dikasih Kerjaan
Viral! Kasir Disabilitas Dikatain Driver Ojol: Kalo Tuli Gausah Dikasih Kerjaan. Gambar: Tangkapan Layar X/@Heraloebss

BaperaNews - Video yang menampilkan kejadian tidak menyenangkan di sebuah toko viral di media sosial. Dalam video tersebut, seorang driver ojek online (ojol) terlihat memperlakukan seorang kasir disabilitas tunarungu dengan kasar. Video yang direkam melalui CCTV toko itu pun memicu berbagai reaksi dari netizen.

Peristiwa ini terjadi ketika seorang driver ojol dari Gojek sedang mengambil pesanan di sebuah toko. Driver yang mengenakan helm putih tersebut bertanya kepada kasir mengenai pesanan atas nama Dea.

“Ini atas nama Dea kan mbak?,” tanya driver tersebut kepada kasir. Kasir yang ternyata disabilitas tunarungu itu mengangguk dan menjawab, “Iya, Dea.”

Setelah memfoto paket pesanan yang ia pegang, driver tersebut mengatakan bahwa masih ada satu paket lagi yang belum diberikan, yakni pesanan atas nama Revita.

“Ada paket lagi satu mbak, atas nama Revita,” ucap driver lagi.

Namun, karena kasir tersebut mengalami keterbatasan pendengaran, ia tidak langsung merespons permintaan driver tersebut. Menyadari kondisi tersebut, driver kemudian mencoba menjelaskan kembali bahwa masih ada satu paket pesanan yang belum diberikan.

Kasir pun akhirnya memanggil temannya untuk membantu, dan seorang pegawai toko lain yang mengenakan kaos cokelat menghampiri driver dan memberikan paket atas nama Revita.

Setelah menerima paket kedua, driver tersebut mengeluhkan pelayanan kasir kepada pegawai toko yang membantu.

“Ini saya ngomong nggak diladenin,” kata driver tersebut dengan nada tidak puas.

Baca Juga: Wanita di Sleman Gadaikan 13 Kendaraan Rental Gegara Terlilit Utang

Pegawai toko yang menyadari kondisi rekannya kemudian meminta maaf dan menjelaskan bahwa kasir tersebut adalah seorang disabilitas tunarungu.

“Maaf ya bang, soalnya teman saya disabilitas, tuli, jadi kurang denger,” jelas pegawai toko tersebut.

Namun, bukannya memahami, driver ojol tersebut justru memberikan respons yang tidak terduga dan kasar. Ia berkata, “Tolo* beg* banget sih bang. Kalau tuli nggak usah dikasih (kerjaan kasir) bang mendingan bang.”

Video CCTV yang menunjukkan perilaku kasar driver ojol tersebut kemudian diunggah oleh seorang pengguna Twitter dengan akun @Heraloebss dan langsung menjadi viral. Banyak netizen yang memberikan reaksi negatif terhadap sikap driver ojol tersebut.

Salah satu netizen, Rifqi Rafshanjani, menulis, “Pdhl ojolnya juga yg iq nya jongkok, udh dibilang beberapa kali tapi gk denger masih gak sadar kalo yg jaga itu sedikit tuli, tetep aj pake masker kan jadi gk bisa baca gerak bibir.”

Komentar serupa datang dari akun N@Nalfandy yang menulis, “Parah bgt sih.. ya Allah..”

Selain itu, ada juga yang mengkritik sikap driver tersebut dengan lebih spesifik.

Akun Wong Prabu berkomentar, “Kembali lagi ke sdm…klo kira2 ngomongnya krg jelas, sekiranya bermasker ya dilepas dl, biar lebih terdengar. Aplg klo tau lawan bicara kita memiliki kekurangan sebaiknya dimaklumi kondisinya ????.”

Tidak semua netizen hanya menyalahkan driver ojol tersebut. Beberapa pengguna media sosial juga memberikan masukan kepada pemilik toko untuk memasang tanda informasi bahwa mereka mempekerjakan karyawan dengan kebutuhan khusus, sehingga pelanggan dapat memahami kondisi karyawan tersebut.

“Bukannya membela Ojol. Untuk pemilik toko seharusnya memasang informasi untuk pengunjung yang datang dengan memberi informasi jika mereka memperkerjakan karyawan dengan kebutuhan khusus. Jadi biar tidak terjadi hal seperti ini. Untuk ojolnya lebih baik memaklumi stelah tahu,” tulis akun Rawon Panas.

@baperanews.com

Video yang menampilkan kejadian tidak menyenangkan di sebuah toko viral di media sosial. Dalam video tersebut, seorang driver ojek online (ojol) terlihat memperlakukan seorang kasir disabilitas tunarungu dengan kasar. Video yang direkam melalui CCTV toko itu pun memicu berbagai reaksi dari netizen. #viral #ojol ♬ suara asli - BAPERA NEWS

Baca Juga: Diduga Bunuh Diri, Remaja 14 Tahun di Cikarang Tewas Tertabrak Kereta, Surat Wasiat Tersebar