Viral! Di Tegal Ada Lomba Nangis Khusus Emak-emak, Begini Kronologinya

Tegal mengadakan lomba nangis unik di Taman Bermain Wisata Purbawahana. Emak-emak menangis tersedu-sedu untuk hadiah total Rp2 juta.

Viral! Di Tegal Ada Lomba Nangis Khusus Emak-emak, Begini Kronologinya
Viral! Di Tegal Ada Lomba Nangis Khusus Emak-emak, Begini Kronologinya. Gambar: Tangkapan Layar Tiktok/@ayahdwinila21

BaperaNews - Kejadian unik terjadi di Tegal, Jawa Tengah. Sebuah video memperlihatkan sejumlah emak-emak menangis tersedu-sedu, lalu viral di media sosial. Rupanya, mereka sedang mengikuti lomba nangis yang diadakan oleh sebuah tempat wisata.

Pada Sabtu, (20/7), Taman Bermain Wisata Purbawahana di Desa Purbayasa, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, mengadakan lomba nangis khusus untuk emak-emak.

Lomba ini merupakan ide kreatif dari Dwi Kurniawan, panitia lomba sekaligus Manager Taman Bermain Wisata Purbawahana, yang terinspirasi dari keluhan ibu-ibu mengenai berbagai masalah yang dihadapi sehari-hari.

"Kami melihat banyak ibu-ibu yang memiliki berbagai masalah, baik di rumah tangga maupun pekerjaan. Jadi, kami sepakat untuk membuat lomba nangis ini sebagai bentuk penyaluran beban mental yang mereka rasakan," ujar Dwi Kurniawan pada Senin (22/7).

Antusiasme emak-emak terhadap lomba ini ternyata sangat tinggi. Meskipun pendaftaran dibatasi hanya untuk 200 peserta, banyak yang ingin ikut serta. Hadiah yang ditawarkan juga cukup menggiurkan, yaitu total hadiah sebesar Rp2 juta, yang terdiri dari juara 1 mendapatkan Rp500 ribu, juara 2 Rp300 ribu, dan juara 3 Rp200 ribu.

Sebelum lomba dimulai, para peserta tampak serius menyimak arahan dari panitia. Begitu peluit dibunyikan, suasana langsung berubah. Para emak-emak ini mulai menangis sejadi-jadinya, berusaha mengeluarkan air mata agar terlihat natural.

Baca Juga: Toyota Rush Tertabrak Kereta hingga Terseret ke Sawah, Anak dan Bapak Tewas, Istri Kritis

"Masing-masing peserta berusaha menangis sejadi-jadinya agar bisa memenangkan lomba ini. Banyak dari mereka bahkan sampai mengeluarkan air mata," kata Dwi Kurniawan.

Peserta dinyatakan menang jika benar-benar tampak natural sampai air mata keluar hingga menetes. Air mata juga tidak boleh diusap hingga lomba dinyatakan selesai.

Banyak peserta yang mengikuti lomba ini karena ingin melampiaskan semua masalah yang dihadapi. Salah satu peserta, Nuraningsih (41), mengungkapkan bahwa semua orang punya masalah, baik rumah tangga maupun pekerjaan. Jika tidak disalurkan, hal tersebut bisa menjadi beban di hati.

"Semua punya masalah, baik rumah tangga maupun pekerjaan. Kalau tidak disalurkan jadi beban di hati," ujar Nuraningsih dalam video dari panitia.

Salah satu pemenang lomba, Winarni, mengungkapkan trik khusus yang digunakannya agar bisa menangis secara natural. Dia mengaku memikirkan peristiwa sedih yang dialaminya untuk memicu tangisan.

"Sengaja saya mengingat anak saya yang tidak mau ikut mamanya, dia ikut neneknya. Dulu ikut neneknya karena kita masih numpang, belum punya rumah, giliran punya rumah sendiri, anak saya tidak mau ikut saya. Itu yang membuat saya mendadak sedih," ungkap Winarni yang berhasil menjadi juara 1.

Lomba nangis yang diadakan di Tegal ini bukan hanya unik, tetapi juga menjadi ajang penyaluran emosi bagi para emak-emak.

Dengan adanya lomba ini, para peserta bisa meluapkan perasaan mereka dengan cara yang kreatif dan mendatangkan manfaat bagi mental mereka. Lomba nangis ini berhasil menarik perhatian banyak orang dan menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Satpol PP Medan Buka Suara Usai Mengusir Pedagang Roti Saat CFD