Simak Alasan Timnas Indonesia Batal Ikut Dalam Piala AFF U-23

Yunus Nusi Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI beri pernyataan terkait Timnas Indonesia yang batal mengikuti Piala AFF U-23. SImak berita lengkapnya dibawah!

Simak Alasan Timnas Indonesia Batal Ikut Dalam Piala AFF U-23
Timnas U-23 Indonesia saat latihan jelang Piala AFF U-23 2022. Secara resmi, PSSI mengumumkan Timnas Indonesia batal mengikuti Piala AFF U-23 di Kamboja. Kondisi pemain jadi alasan, PSSI sampaikan permintaan maaf . Gambar; Dok. PSSI

BaperaNews - Yunus Nusi Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI mengumumkan bahwa Timnas Indonesia batal mengikuti Piala AFF U-23. Terdapat beberapa alasan yang melatar belakangi ketidak ikutsertaan Timnas Indonesia dalam Piala AFF U-23.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalakan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF-U23 karena beberapa alasan,” ujar Yunus dalam rilis federasi.

Keputusan Timnas U-23 tidak ikut berpartisipasi dalam pertandingan itu pun sudah di diskusikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-Yong.

Mengutip dari keterangan PSSI, setidaknya ada 3 alasan Timnas U-23 batal ikut dalam ajang Piala AFF U-23 terkait dengan situasi Skuad Garuda yang saat ini sedang mengalami krisis pemain menjelang keberangkan menuju Kamboja. Berikut 3 alasan Timnas Indonesia batal ikut Piala AFF U-23:

Pertama, 7 pemain Skuad Garuda dan 1 orang ofisial dinyatakan positif Covid-19 mereka adalah Ronaldi Joybera R Junior, Braif Fatari, Irfan Jauhari, Taufik Hidayat, Muhammad Ferrari, Cahya Supriyadi, dan Ahmad Figo Ramadhani.

Kedua, selain para pemain dinyatakan positif ditambah fakta bahwa 4 pemain lainnya sedang menunggu masa inkubasi atau dalam pemantauan karena satu kamar dengan pemain yang terpapar Covid-19 lebih dulu. 4 pemain tersebut adalah Genta Alparedo, Alfeandra Dewangga, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Ketiga, selain dilanda virus Covid-19, tiga pemain Skuad Garuda juga tengah mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1. Mereka adalah Gunansar Mandowen, Muhammad Iqbal, dan Ramai Rumakiek

Dari beberapa alasan yang sudah dijelasakan oleh PSSI, kini pemain Timnas Indonesia hanya tersisa satu kiper yakni Muhammad Riyandi. Namun Riyandi juga baru saja menjalani karantina selama 10 hari.

Hal ini akhirnya membuat PSSI memutuskan Timnas Indonesia menarik diri dari keikutsertaannya menuju Piala AFF U-23.

“Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena Covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujar Yunus.

Piala AFF U-23 sendiri akan berlangsung di Kamboja, dan diselenggarakan dari tanggal 14 hingga 26 Februari mendatang.

Shin Tae-Yong selaku pelatih dari Timnas Indonesia juga mengeluhkan situasi Timnas U-23 saat ini.

“Kondisi ini paling buruk selama saya pegang tim ini,” ujar Shin Tae Yong saat ditemui di Kantor Kemenpora, pada Kamis (10/2)

Baca Juga: Shin Tae Yong Ungkap Kondisi Timnas U-23 Paling Buruk Jelang Piala AFF