Sejumlah Pengguna Twitter Indonesia Keluhkan Munculnya Notifikasi Konten Vulgar

Sejumlah pengguna Twitter Indonesia mengeluhkan munculnya notifikasi konten vulgar yang sangat mengganggu. Simak berita lengkapnya dibawah!

Sejumlah Pengguna Twitter Indonesia Keluhkan Munculnya Notifikasi Konten Vulgar
Pengguna Twitter Indonesia Keluhkan Munculnya Notifikasi Konten Vulgar. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews- Sejumlah pengguna Twitter Indonesia mengeluh munculnya notifikasi yang mengganggu. Disebut mengganggu sebab pemberitahuan berasal dari akun yang menampilkan konten vulgar atau khusus dewasa, pengguna menanyakan ia bahkan tidak pernah merasa follow akun tersebut atau interaksi dengan akun dan konten berbau vulgar.

Notifikasi tersebut muncul dalam bentuk saran atau rekomendasi konten oleh Twitter kepada para penggunanya, meskipun pengguna tidak follow akun tersebut, sejumlah pengguna Twitter juga menunjukkan tangkapan layar tentang kemunculan notifikasi konten vulgar di akunnya.

Diantara berbagai konten vulgar itu banyak memuat topik prostitusi dan gambar tidak senonoh, sejumlah pengguna pun memilih untuk memblokir akun tersebut sebagai solusi terakhir karena merasa terganggu.

Akun @jaemxintinx_ misalnya, menyebut sudah berkali-kali ia memblokir akun dengan konten dewasa yang sering muncul di rekomendasi notifikasinya, namun ternyata tetap saja muncul akun vulgar lainnya meskipun ia sudah melakukan blokir. “Yang bikin males tiap buka Twitter ini banyak notifikasi cewek open BO, bikin capek tiap hari ngeblokirin” tulisnya.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Larang Pengguna Ambil Tangkapan Layar Chat Facebook Messenger, Kenapa?

Hal ini sepertinya terjadi secara acak sebab tidak semua pengguna Twitter mengalaminya, namun belum diketahui dan belum ada penjelasan dari pihak manajemen Twitter bagaimana kerja aplikasi tersebut sehingga bisa merekomendasikan sejumlah konten yang pengguna tidak kenal atau tidak awam atas topik tersebut.

Sebab pengguna merasa tidak pernah mencari atau mengakses konten vulgar di akun Twitter nya. “Punya notifikasi Twitter kok begini amat ya, padahal aku anak baik-baik” tulis akun @AlbertNon disertai dengan gambar tangkapan layarnya yang nampak notifikasi konten vulgar.

Ada pula yang menyampaikan keluhan sambil me mention akun resmi Twitter, “Gimana ini @Twitter kok banyak akun dewasa begini masuk notifikasi?” tulis salah seorang pengguna lainnya. Notifikasi konten vulgar tersebut ternyata tidak hanya muncul pada para pengguna yang aktif, salah seorang pengguna yang mengaku sangat jarang memakai Twitter pun mendapat notifikasi tersebut.

Dari keterangan KompasTekno setelah menelusuri hal tersebut, keluhan seperti ini sudah muncul sejak November 2021, ada juga yang mengungkap pada Desember 2021. Namun juga belum dijelaskan dan belum diketahui kenapa hal ini bisa terjadi. KompasTekno yang meminta penjelasan dari Twitter Indonesia mendapat tanggapan bahwa hal ini sedang diinvestigasi.

Baca Juga: Tahan Banting, Samsung Hadirkan Ponsel dan Tablet Berstandar Militer di Indonesia