Rumah di Pontianak Terbakar, 1 Keluarga Dikabarkan Tewas

Kebakaran hebat terjadi di kawasan Istana Kadriah Pontianak, menewaskan 5 orang dan melukai 1 lainnya. Investigasi penyebab kebakaran masih berlangsung.

Rumah di Pontianak Terbakar, 1 Keluarga Dikabarkan Tewas
Rumah di Pontianak Terbakar, 1 Keluarga Dikabarkan Tewas. Gambar : Kompascom/Hendra Cipta

BaperaNews - Sebuah rumah di kawasan Istana Kadriah Kesultanan Pontianak, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, terbakar habis pada Kamis (22/8) dini hari. Dalam kebakaran tersebut, lima orang tewas terjebak dalam api, sementara satu orang lainnya dirawat di rumah sakit akibat luka bakar.

Kebakaran rumah terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dan mengakibatkan kerusakan total pada rumah yang dihuni oleh tiga kepala keluarga.

Kepala Polisi Sektor Pontianak Timur, AKP Hery Purnomo, menjelaskan bahwa rumah yang terbakar dihuni oleh total 12 orang dari tiga kepala keluarga. Lima korban tewas merupakan satu keluarga.

Korban yang meninggal adalah Syarifah Aini (40), Syarifah Zahara (13), Syarifah Hanifah (8), serta dua orang laki-laki, Syarif Maulana (50) dan seorang pria berusia sekitar 70 tahun yang sering dipanggil Abah.

Menurut Hery, kebakaran terjadi dengan sangat cepat, mengingat sebagian besar penghuni rumah saat itu sedang tidur.

"Kondisi ini membuat sebagian penghuni tidak sempat menyelamatkan diri," ujar Hery.

Baca Juga: Gunung Guntur di Garut Kebakaran, Belasan Hektare Kawasan Hutan Hangus

Lokasi rumah yang terbakar terletak di kawasan padat penduduk dengan akses jalan yang sangat sempit, hanya selebar 1 meter. Hal ini menyulitkan mobil pemadam kebakaran untuk memasuki area tersebut, sehingga api cepat menghanguskan seluruh bangunan.

Saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian. Tim investigasi dari Polsek Pontianak Timur terus mencari informasi dan petunjuk untuk menentukan penyebab pasti dari musibah ini.

Kepolisian juga masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan tidak ada faktor lain yang mungkin menyebabkan kebakaran tersebut.

Kondisi rumah yang terbakar berada di wilayah yang padat, membuat upaya pemadaman dan penyelamatan cukup sulit.

Kepolisian mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan memastikan langkah-langkah pencegahan kebakaran di rumah masing-masing guna menghindari kejadian serupa di masa depan.

Baca Juga: Warga Dapat Bantuan Uang Rp 5 Juta Akibat Kebakaran Gudang Amunisi TNI