Ritual Adat Bakal Warnai Kegiatan Kemah Jokowi Di IKN Nusantara

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengungkap terkait Ritual Adat yang akan mewarnai kemah Presiden Jokowi di IKN!

Ritual Adat Bakal Warnai Kegiatan Kemah Jokowi Di IKN Nusantara
Jokowi Akan Kemah Di IKN. Gambar: Antara/ Bayu P

BaperaNews - Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengungkap ketika kemah bersama Presiden Jokowi, akan dilakukan ritual adat untuk menyambut persiapan pembangunan IKN Nusantara. Dalam acara tersebut, Jokowi juga akan memberi arahan untuk Gubernur se Indonesia di area IKN yang saat ini secara administrasi masih masuk wilayah Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

“Para Gubernur akan bawa satu liter air dari daerah masing-masing” ujarnya Jumat 11 Maret 2022. Air yang dipakai memiliki makna filosofis yakni agar selalu ingat nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur.

“Dari Kaltim kami pilih air tanah Kutai Lama, alasannya ialah dalam catatan sejarah Kerajaan Kutai, Kutai Lama ialah pusat kerajaan selama 4 abad sejak tahun 1300 sebelum akhirnya pindah ke Jembayan di Tenggarong. Kutai Lama ialah tonggak awal berdirinya Kerjaaan Kutai yang didirikan Batara Agung Dewa Sakti pada akhir abad 14.” ujar Kepala Biro Adpim Setprov Kaltim, Ivan Syafranuddin.

Untuk memperlancar rencana pengambilan air di tanah Kutai Lama ini, Ivan mengungkap sudah berkoordinasi dengan Pemkab Kutai Kartanegara, Kesultanan Kutai Kartanegara, dan camat juga Kepala Desa Kutai Lama.

Baca juga: Kronologi Dokter Sunardi HASI Ditembak Mati Densus 88

“Biasanya untuk mengambil air ini bersama dengan beras wijen kuning, wijen hitam dicampur dupa, air tepong tawar, dan lainnya sesuai adat, namun untuk IKN bisa disederhanakan tanpa mengurangi makanya” lanjutnya.

Untuk persiapan kemah, Isran mengungkap sudah mencapai 100%. “Alhamdulillah persiapan sudah 100% untuk hari H nanti” jelasnya. Ia menyebut untuk sarana prasarana seperti listrik, air, tenda dan perlengkapannya, serta telekomunikasi sudah disiapkan.

Kemah di titik nol IKN ini akan diadakan pada 13-14 Maret 2022 yang dihadiri Gubernur seluruh Provinsi Indonesia. “Persiapan ini bisa selesai berkat kerjasama dengan sekretariat Negara dan pihak terkait seperti Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman” tutup Isran.

Rencana kemah di IKN ini memang sudah dibahas sejak Februari 2022, namun saat itu belum jelas akan diadakan kapan karena pandemic covid19 sedang naik akibat adanya varian omicron. Kini kemah tersebut akan resmi dilaksanakan setelah Presiden Jokowi melantik Bambang Susantono dan Donny Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, tentunya pemindahan ibu kota akan semakin siap dan semakin segera terealisasi.

Baca juga: AS Kirim Rudal Patriot Ke Polandia, Tangkal Ancaman Rusia