Reality Show Squid Game Disebut Curang Hingga Tak Manusiawi

Acara Reality Show Squid Game mendapat kritikan keras karena disebut tak manusiawi, berikut beberapa hal yang menjadi kontroversi.

Reality Show Squid Game Disebut Curang Hingga Tak Manusiawi
Reality Show Squid Game disebut curang hingga tidak manusiawi. Gambar : DW

BaperaNews - Netflix tengah tayangkan acara reality show Squid Game: The Challenge, acara ini diadaptasi dari serial laris berjudul sama, namun acara ini tengah disorot karena dianggap tidak manusiawi. Sorotan muncul sejak (23/1) lalu ketika tiga orang pesertanya mengalami cedera serius.

Namun Netflix membantahnya, Netflix menyebut selama ini memperhatikan kondisi kesehatan peserta dengan baik, termasuk semua kru dan pihak yang terlibat di dalam reality show Squid Game : The Challenge.

Namun kabar buruk terkait reality show Squid Game tersebut kini kembali muncul, sejumlah media bahkan melaporkan para peserta mengalami berbagai kondisi yang tidak manusiawi.

Media berita Variety.com melaporkan ada peserta yang mengalami kedinginan dan pusing selama acara karena harus bangun jam 4 dini hari untuk mulai syuting, peserta bahkan ada yang tidak dibayar. Syuting harus dilakukan selama 9 jam pada setnya, peserta tidak bisa bergerak dalam waktu lama karena permainan yang dilakukan.

“Kedua kali lagunya dimainkan, saya melihat dari mata tepi saya sebelah kiri ada wanita yang bergoyang, kemudian dia tertekuk badannya, kepalanya membentur ke tanah dengan suara yang benar-benar kencang” tutur salah satu peserta bernama Marlene yang diberitakan oleh Variety.

“Namun kemudian ada orang datang dengan membawa mic, bilang kepada kami untuk tetap menahan dan berada di posisi kami karena permainan tidak ditunda, setelah itu beberapa orang jatuh ke bawah seperti lalat” lanjutnya.

Baca Juga : Squid Game 2 Kapan Tayang? Ini Statement Netflix

“Itu bukan seperti acara Naked & Afraid atau Survivor, kondisi setnya itu tidak manusiawi dan tidak berhubungan dengan gim yang sedang dimainkan” ungkapnya.

Variety kemudian menyebut bahwa Netflix sebenarnya menyadari suhu dingin yang dihadapi para peserta di reality show Squid Game : The Challenge itu, namun terkesan tak acuh dan beralasan peserta sudah disiapkan untuk menghadapi suhu dingin itu.

Media Rolling Stone pada (2/2) juga melaporkan ada 10 orang pingsan di hari pertama syuting reality show Squid Game tersebut, tim medis dipanggil ke lokasi syuting, salah seorang peserta bahkan menyebut ia seperti berada di lokasi perang.

Beberapa peserta mengaku kepada Rolling Stone bahwa permainan berlangsung curang, beberapa selebgram dibuat masuk ke babak selanjutnya tanpa melihat berapa pencapaian di babak sebelumnya.

“Itu bukan reality show sungguhan, kami pada dasarnya hanya dijadikan sebuah tambahan” ujarnya.

Netflix sebelumnya mengumumkan sedang menggarap reality show dari serial populer Squid Game pada Juni 2022 lalu, bagi peserta diimingi hadiah US$ 4,56 juta. Seluruh tantangan disebut sebagai bagian dari pengujian kerjasama, strategi, dan karakter.

Netflix juga membuka kesempatan pada siapapun untuk mengikuti dengan syarat bisa bahasa Inggris. “Menang atau kalah, semua peserta akan pulang tanpa cedera, namun jika menang akan mendapat hadiah besar!” tutur Netflix ketika memberi pengumuman.

Baca Juga : Netflix Hadirkan Squid Game Jadi Nyata, Total Hadiah Rp 67,2 miliar!