Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Melepas KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992, Fahd A Rafiq: Misi Kemanusiaan untuk Palestina

Menhan Prabowo Subianto bersama dengan KSAL Laksamana TNI hadiri pelepasan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Melepas KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992, Fahd A Rafiq: Misi Kemanusiaan untuk Palestina
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Melepas KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992, Fahd A Rafiq: Misi Kemanusiaan untuk Palestina. Gambar: Fahd A Rafiq. Doc: Istimewa

Bapera News - Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, bersama dengan KSAL Laksamana TNI menghadiri pelepasan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta. Kapal ini akan melaksanakan pelayaran Muhibah/Port Visit ke Mesir sebagai bagian dari misi pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq

"Kami sangat mendukung inisiatif pemerintah dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina melalui KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992. Langkah ini menunjukkan solidaritas Indonesia terhadap penderitaan rakyat Palestina.” Ujar Fahd A Rafiq, Minggu (21/1).

Pelepasan KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 dilakukan sebagai upaya tanggap pemerintah Indonesia terhadap kondisi darurat yang dihadapi oleh rakyat Gaza akibat serangan yang di luar batas kemanusiaan.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Dukung Presiden Jokowi Dorong Stabilitas Harga Beras dan Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

Menteri Pertahanan mewakili Presiden RI Joko Widodo, menyampaikan salam dan ucapan selamat bertugas kepada seluruh Satuan Tugas (Satgas) Kemanusiaan yang terlibat dalam pelayaran ini.

Menhan mengungkapkan keprihatinan mendalam terhadap penderitaan rakyat Gaza dan menegaskan pentingnya solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan. Meskipun Indonesia bukan negara yang terlibat dalam konflik tersebut, Menhan menekankan bahwa kita memiliki solidaritas yang kuat terhadap saudara-saudara kita di Palestina.

Keputusan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan melalui kapal rumah sakit menunjukkan kepedulian terhadap kondisi kesehatan di Gaza.Kami berharap bantuan ini dapat memberikan dampak positif dan membantu menyembuhkan luka-luka yang ada." Ujar Fahd A Rafiq, Minggu (21/1).

Pelayaran KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 akan menempuh rute Jakarta – Belawan – Al Arisi – Jeddah Batam dan kembali lagi ke Jakarta.

Dalam perjalanan yang diperkirakan mencapai 52 hari ini, kapal akan membawa bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, perlengkapan ibadah, dan lain sebagainya.

Menteri Pertahanan juga menitipkan pesan kepada awak kapal, menekankan bahwa mereka adalah perwakilan dari seluruh bangsa Indonesia dan diharapkan menjaga kehormatan bangsa dan TNI.

Pemerintah berharap misi kemanusiaan ini dapat memberikan kontribusi positif dan membantu meringankan beban saudara-saudara di Palestina. Semoga Allah melindungi KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 dan seluruh awak kapalnya hingga kembali ke tanah air.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Dukung Komitmen Pemerintah, Perkuat Penanganan Kekerasan Pada Perempuan Lewat Regulasi & Sosialisasi Masif

Penulis : AG