Masih Pemula ? 8 Cara Perawatan Tanaman Hias Ini Wajib Dipahami

Berikut 8 cara perawatan tanaman hias bagi kamu yang masih pemula atau baru mempunyai tanaman

Masih Pemula ? 8 Cara Perawatan Tanaman Hias Ini Wajib Dipahami
Ilustrasi menyiram tanaman, Gambar : Filip Urban / Unsplash.com

BaperaNews - Sebagai pemula, bingung saat proses perawatan tanaman hias di kebun menjadi hal yang wajar. Mau mulai dari mana ya? Apakah hal yang saya lakukan ini sudah benar? Timbul banyak pertanyaan dibenak yang harus segera terjawab. Untuk mengatasi kebingungan kalian tersebut, cara perawatan tanaman hias berikut ini mungkin bisa membantu kalian.

1. Penyiraman Tanaman

Penyiraman tanaman menjadi salah satu aktivitas paling penting yang wajib dilakukan secara rutin bagi seorang pecinta tanaman hias. Hanya saja intensitas penyiraman masing – masing tanaman berbeda – beda.

Tanaman yang terkena sinar matahari langsung, biasanya membutuhkan penyiraman lebih ketimbang tanaman yang tak terkena sinar matahari langsung. Kalian bisa cek kondisi media tanamnya, jika sudah mulai kering, segera lakukan penyiraman agar pertumbugan tanaman bisa maksimal.

2. Pemberian Pupuk Secara Berkala

Layaknya manusia membutuhkan vitamin dan mineral, tanaman hias pun juga membutuhkannya. Tanaman membutuhkan pupuk sebagai booster dalam menunjang pertumbuhannya. Kalian bisa berikan pupuk minimal 2 minggu sekali.

3. Ganti Pot (Re-Poting)

Mengapa pot tanaman hias harus digantu secara rutin? Hal ini juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman hias. Semakin besar tanaman hias, penyesuaian ukuran pot pun harus dilakukan. Pot yang lama bisa kalian gunakan untuk tanaman lain yang juga membutuhkan penggantian pot. Asiknya berkebun itu seperti ini, banyak pengalaman dan aktivitas.

4. Pemangkasan Secara Berkala

Pemangkasan secara berkala juga harus dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman hias. Dari segi estetika pun, tanaman hias kalian akan tampak cantik dan terawat sepanjang waktu. Pemangkasan ini dilakukan pada daun – daun yang sudah tua. Untuk tanaman buah bagian pemangkasan pada bagian pucuk berguna merangsang munculnya bunga dan cabang baru.

5. Buang Daun yang Sudah Mengering

Terkadang kelupaan itu menjadi hal yang biasa karena saking banyaknya tanaman hias di rumah. Jika banyak daun yang mulai mongering, segera buang untuk mencegah tumbuhnya jamur atau kelembaban berlebih yang menyebabkan tanaman hias busuk.

6. Pengelapan Permukaan Daun

Agar tanaman hias kalian tampak glowing seperti pemiliknya, sering – sering lakukan pengelapan pada bagian permukaan daun tanaman hias.

7. Pengendalian Hama

Munculnya di lingkungan kebun kalian, biasanya dipicu karena perubahan musim. Selain itu juga kebersihan kebun juga menjadi faktor pemicu. Sebagai langkah pencegahan, pastikan kondisi kebun dalam keadaan bersih. Kalian juga bisa menggunakan insektisida organik buatan sendiri. Manfaatkan bahan – bahan yang ada di rumah agar jauh lebih aman.

8. Waspadai Penyakit Tanaman Hias

Penyakit pada tanaman hias biasanya ditandai dengan perubahan warna daun, kematian secara mendadak atau masih banyak tanda lainnya. Sebagai pekebun sejati, seiring berjalannya waktu kalian akan paham dengan sendirinya. Jika menemui tanda – tanda seperti perubahan warna daun, kalian bisa segera memangkasnya. Kemudian pindahkan tanaman yang tampak berpenyakit agar tak menulari tanaman hiasa lainnya.

Dengan memahami beberapa cara perawatan tanaman hias di atas, diharapkan hobi kalian dalam berkebun bisa semakin menyenangkan.