Lansia Tewas Disengat Tawon Sekujur Tubuh di Karanganyar

Seorang lansia warga Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, meninggal dunia setelah disengat kawanan tawon.

Lansia Tewas Disengat Tawon Sekujur Tubuh di Karanganyar
Lansia Tewas Disengat Tawon Sekujur Tubuh di Karanganyar. Gambar : Ilustrasi Canva

BaperaNews - Seorang lansia berinisial S (82) warga Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tewas setelah disengat kawanan tawon pada Rabu (18/9). 

Korban sempat mendapat pertolongan medis di Puskesmas Gondangrejo dan rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal pada Kamis (19/9). Sengatan tawon tersebut mengakibatkan luka di seluruh tubuh korban.

Peristiwa ini terjadi saat S sedang mencari rumput untuk pakan ternak di sekitar wilayah tempat tinggalnya. Tanpa disadari, korban berada di dekat sarang tawon yang kemudian menyerangnya.

Petugas Damkar Satpol PP Karanganyar, Febrian Kurnia Putra, menjelaskan bahwa korban disengat tawon di sekujur tubuhnya.

"Korban sedang mencari rumput untuk ternaknya. Namun, tanpa ia sadari, korban berada terlalu dekat dengan sarang tawon, yang kemudian menyerangnya. Sengatan terjadi di seluruh tubuh," kata Febrian Kurnia pada Jumat (20/9).

Setelah kejadian, warga sekitar segera melaporkan insiden tersebut kepada petugas pemadam kebakaran agar sarang tawon bisa segera dipindahkan dan menghindari kejadian serupa.

Petugas Damkar langsung bergerak cepat untuk melakukan evakuasi sarang tawon yang menjadi penyebab kejadian tragis ini. Pemindahan sarang tawon dilakukan pada Kamis malam (19/9) sekitar pukul 18.00 WIB.

Baca Juga : Lansia di Sleman Terjatuh ke Sumur Sedalam 9 Meter, Begini Kronologinya

"Kami mengevakuasi sarang tawon tersebut pada malam hari agar lebih aman," tutur Febrian.

Sebelum meninggal, S sempat mendapatkan pertolongan di Puskesmas Gondangrejo, namun kondisinya tidak kunjung membaik. Ia kemudian dirujuk ke RSUD Ibu Fatmawati Soekarno, Solo, untuk penanganan lebih lanjut.

Meski sudah dilakukan berbagai upaya medis, korban akhirnya menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (19/9) akibat luka sengatan yang dialaminya.

Camat Gondangrejo, Sriono Budi Santoso, juga mengonfirmasi kejadian tersebut dan menjelaskan bahwa korban sempat dibawa pulang setelah dari Puskesmas, namun kondisinya semakin memburuk hingga akhirnya meninggal di rumah sakit.

"Korban mengalami sengatan di seluruh tubuh dan dinyatakan meninggal pada hari Kamis," ujar Sriono Budi Santoso.

Ia juga memberikan imbauan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Gondangrejo dan sekitarnya, untuk berhati-hati saat berada di area yang berpotensi menjadi habitat tawon.

Terutama bagi warga yang mencari pakan ternak di area terbuka atau pepohonan, diimbau untuk selalu waspada dan melaporkan temuan sarang tawon kepada pihak yang berwenang.

"Jika ada warga yang menemukan sarang tawon, kami harap segera melapor ke pihak kelurahan, relawan, atau petugas pemadam kebakaran agar sarang bisa dievakuasi dengan aman. Hal ini penting agar kejadian serupa tidak terulang," tambah Sriono.

Baca Juga : Mayat Bocah yang Ditemukan di Pantai Cihara Lebak Diduga Berkaitan dengan Utang Piutang Ibunya