Lansia di Sleman Terjatuh ke Sumur Sedalam 9 Meter, Begini Kronologinya

Nenek 65 tahun di Sleman selamat setelah jatuh ke sumur 9 meter. Tim SAR berhasil melakukan evakuasi selama 45 menit dan membawanya ke rumah sakit.

Lansia di Sleman Terjatuh ke Sumur Sedalam 9 Meter, Begini Kronologinya
Lansia di Sleman Terjatuh ke Sumur Sedalam 9 Meter, Begini Kronologinya. Gambar : Dok. Basarnas Yogyakarta

BaperaNews - Pada Jumat (20/9) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, seorang nenek berusia 65 tahun bernama Yatun di Dusun Cepor, Kelurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Sleman terjatuh ke sumur sedalam 9 meter. 

saat itu Yatun hendak menuju kamar mandi dan berusaha mengambil air dari sumur. Sayangnya, dia terpeleset dan langsung terjatuh ke dalam sumur.

Hal ini tentu sangat mengejutkan bagi Yatun, yang langsung berteriak meminta tolong. Beruntung, teriakan nenek ini didengar oleh beberapa warga sekitar.

Setelah mendengar teriakan Yatun, para tetangga langsung bergerak cepat. Mereka segera meminta bantuan kepada pihak-pihak terkait agar segera melakukan evakuasi.

Mendapat laporan dari petugas Pemadam Kebakaran Sleman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta, Kamal Riswandi, langsung merespons situasi tersebut. 

"Pukul 03.00 dini hari Petugas Siaga Kantor Basarnas Yogyakarta menerima laporan dari Damkar Sleman bahwa telah terjadi kondisi membahayakan manusia, satu orang tercebur sumur," jelas Kamal Riswandi.

Kamal menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan yang diperoleh, Yatun diduga jatuh saat ingin mengambil air dari sumur.

Baca Juga: Imbas Krisis Air di Jambi, 2 Orang Tewas Saat Gali Sumur karena Kekurangan Oksigen

"Korban berteriak minta tolong hingga didengar oleh tetangganya," tambahnya.

Setelah menerima laporan, Basarnas Yogyakarta langsung memberangkatkan tim gabungan yang dilengkapi dengan peralatan evakuasi. Tim SAR yang terdiri dari Unit Siaga Sleman dan Kota Yogyakarta segera tiba di lokasi dan langsung berkoordinasi dengan potensi SAR yang sudah berada di sana.

Proses evakuasi tidak berjalan cepat, membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun, berkat kerja keras tim SAR, Yatun akhirnya berhasil dievakuasi dari dalam sumur.

"Setelah kurang lebih 45 menit proses evakuasi, korban atas nama Ibu Yatun berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan dari dalam sumur dengan kedalaman kurang lebih 9 meter dalam keadaan selamat," jelas Kamal.

Setelah berhasil diangkat dari dalam sumur, Yatun langsung dibawa ke RS Hidayatulllah untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Tim medis memastikan bahwa nenek tersebut mendapatkan penanganan yang dibutuhkan. 

"Korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat, langsung dibawa ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut," jelas Kamal.

Baca Juga: Niat Bolos, Siswa SMA Tewas Kecebur Sumur di Lombok Timur