Kronologi Penumpang Terbangkan Pesawat ke Spanyol Gegara Pilot Absen

Viral seorang penumpang pesawat mengambil inisiatif untuk menerbangkan pesawat karena pilot yang bertugas tidak kunjung muncul.

Kronologi Penumpang Terbangkan Pesawat ke Spanyol Gegara Pilot Absen
Kronologi Penumpang Terbangkan Pesawat ke Spanyol Gegara Pilot Absen. Gambar : Pexels.com/Wayne Jackson

BaperaNews - Sebuah kejadian unik terjadi pada tahun 2019 di bandara Manchester, Inggris, di mana seorang penumpang pesawat mengambil inisiatif untuk menerbangkan pesawat menuju Spanyol setelah pilot yang seharusnya bertugas tidak kunjung muncul.

Penumpang berinisiatif tersebut adalah seorang pria bernama Michael Bradley, seorang pilot yang tengah berlibur bersama keluarganya. 

Kegelisahannya dimulai ketika pilot yang seharusnya membawa pesawat easyJet ke Alicante, Spanyol, tidak hadir untuk tugasnya.

Meskipun awalnya merasa frustasi, Bradley, yang juga memiliki lisensi pilot, memberanikan diri untuk mengambil alih tugas tersebut. 

Keputusan ini diambil setelah easyJet mengumumkan di Bandara Manchester bahwa penerbangan kehilangan satu kapten.

Dalam pengakuannya, Bradley mengungkapkan bahwa dia memenuhi syarat untuk menerbangkan pesawat tersebut dan telah mendapat izin dari pihak easyJet. Meski sedang berlibur selama empat hari, dia membawa surat lisensi izin terbangnya.

Baca Juga : Pesawat easyJet Gagal Terbang Gegara Penumpang BAB di Lantai Toilet

"Saya menelepon easyJet dan berkata, 'Hai, saya berdiri di terminal tanpa melakukan apa-apa. Saya membawa SIM saya,'" ungkap Bradley mengenang momen itu.

Hanya dalam waktu 38 detik setelah panggilan telepon, easyJet memohon agar Bradley bersedia mengemban tugas tersebut. 

Menerima tantangan tersebut, Bradley mengumumkan kepada keluarganya yang berada di bagian belakang pesawat sebelum lepas landas.

"Istri saya yang duduk di barisan 15 bersama anak laki-laki saya. Semoga dia sudah tidur sekarang, saya mesti tetap tenang atau dia akan memarahi saya," ceritanya.

Juru bicara easyJet memberikan pujian terhadap sikap sukarela Bradley yang bersedia menerbangkan pesawat tersebut meski sedang tidak bertugas. 

Mereka juga menyampaikan terima kasih karena tindakan Bradley menghindarkan pembatalan penerbangan Manchester ke Alicante.

"Kami berterima kasih kepada salah satu pilot kami yang sedang berlibur dari Manchester ke Alicante pada tanggal 2 September bersama keluarganya dan secara sukarela mengoperasikan penerbangan tersebut," ujar juru bicara easyJet.

Baca Juga : Tak Kuat Tahan Beban Gegara Bawa 27 Atlet Sumo, Japan Airlines Harus Cari Pesawat Tambahan