Kecelakaan Bus Tragis di Iran: 28 Peziarah Pakistan Tewas

Kecelakaan bus tragis di Provinsi Yazd, Iran, mengakibatkan 28 orang tewas dan 23 lainnya terluka.

Kecelakaan Bus Tragis di Iran: 28 Peziarah Pakistan Tewas
Kecelakaan Bus Tragis di Iran: 28 Peziarah Pakistan Tewas. Gambar : Tangkapan Layar X

BaperaNews - Pada malam Selasa, (20/8), kecelakaan bus yang mengangkut para peziarah asal Pakistan terjadi di Provinsi Yazd, Iran. Kecelakaan ini mengakibatkan sedikitnya 28 orang tewas dan 23 lainnya mengalami luka-luka. Kejadian ini menjadi sorotan, terutama karena banyaknya korban jiwa yang terlibat.

Menurut penyelidikan awal yang dilakukan oleh polisi lalu lintas Iran, kecelakaan ini disebabkan oleh kerusakan teknis pada sistem pengereman bus.

"Sayangnya, sebanyak 11 perempuan dan 17 laki-laki tewas dalam kecelakaan ini," ucap direktur jenderal manajemen krisis Provinsi Yazd dalam pernyataan kepada televisi pemerintah Iran.

Di tengah kesedihan ini, tujuh korban luka kini dalam kondisi kritis, sementara enam lainnya telah meninggalkan rumah sakit.

Layanan konsuler Pakistan di Iran juga telah diundang untuk mengambil langkah lanjutan menyusul kecelakaan tersebut. 

Jutaan warga Muslim Syiah saat ini sedang melakukan ziarah Arbaeen di Karbala, Irak. Peristiwa ini menandai masa berkabung 40 hari untuk wafatnya Imam Hussein bin Ali, yang merupakan tokoh sentral dalam ajaran Islam Syiah. 

Baca Juga: Kecelakaan Bus di Afghanistan, 17 Orang Dikabarkan Tewas

"Kami menyampaikan simpati tulus kami kepada pemerintah tetangga dan saudara kami, Pakistan, serta keluarga-keluarga yang ditinggalkan. Otoritas terkait di Iran secara aktif memberikan layanan bantuan dan pengobatan," ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani.

Namun, kecelakaan ini bukanlah yang pertama di Iran. Negara ini tercatat memiliki rekor keselamatan lalu lintas yang buruk, dengan sekitar 17.000 kematian setiap tahunnya akibat kecelakaan.

Banyaknya korban jiwa dalam kecelakaan di Iran disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari ketidakpedulian terhadap aturan lalu lintas, kendaraan yang tidak aman, hingga layanan darurat yang tidak memadai di area-area pedesaan yang luas.

Selain itu, pada Rabu pagi, kecelakaan bus terpisah juga dilaporkan terjadi di Provinsi Sistan dan Baluchestan, Iran bagian tenggara. Dalam kecelakaan tersebut, sedikitnya enam orang tewas dan 18 lainnya mengalami luka-luka. 

Dengan banyaknya peziarah yang melakukan perjalanan ke Irak, penting bagi pihak berwenang untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan di jalan. 

Baca Juga: Pakistan Jadi Negara Populasi Muslim Terbanyak di Dunia, Geser Indonesia