Jelang Lebaran 2023, Beriku Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Online

Zakat Fitrah wajib dibayar oleh setiap jiwa yang beragam islam yang hidup selama bulan Ramadhan. Nah, pada tahun ini bayar Zakat Fitrah bisa dilakukan secara online. Berikut cara bayar Zakat Fitrah online.

Jelang Lebaran 2023, Beriku Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Online
Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Online. Gambar : Detik.com/Dok. Ari Saputra

BaperaNews - Zakat fitrah tidak hanya bisa diberikan secara langsung, amalan wajib di bulan Ramadhan bagi umat muslim yang mampu ini juga bisa dilaksanakan secara online melalui BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). Berikut informasi mengenai aturan bayar zakat fitrah dan cara bayar zakat fitrah online. 

Aturan Besaran Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib dibayar oleh setiap jiwa yang beragam islam yang hidup selama bulan Ramadhan dan memiliki kelebihan harta atau rezeki untuk malam hari raya Idul Fitri. Besaran zakat fitrah ialah beras 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Zakat fitrah juga bisa diberikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha gandum, beras, atau kurma. Nominal uangnya sesuai harga beras yang biasa dikonsumsi. SK Ketua BAZNAS 7/2022 menyebut nilai zakat fitrah jika diuangkan setara dengan Rp 45.000 per orang per hari.

Zakat fitrah bisa diberikan sejak awal Ramadhan dan selambatnya sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan, penyaluran kepada yang berhak menerima yakni fakir miskin, janda tidak mampu, dan lainnya.

Zakat Fitrah Melalui BAZNAS 

Jika Anda tinggal di kawasan yang warga sekitarnya dirasa semua mampu atau tidak punya waktu untuk memberikan langsung kepada yang berhak, Anda tetap bisa menunaikan kewajiban ini dengan bayar zakat fitrah online melalui BAZNAS dengan langkah berikut ini.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Zakat Fitrah

Cara Bayar Zakat Fitrah Online :

  • Buka laman resmi BAZNAS https://baznas.go.id/ atau Klik Disini
  • Pilih menu “Bayar” - “Zakat Fitrah”
  • Pilih jumlah jiwa yang hendak membayar, misalnya 3 orang untuk Anda, suami atau istri, dan 1 anak
  • Nominal zakat fitrah online yang wajib dibayarkan akan muncul otomatis
  • Lengkapi data diri yang diminta seperti nama lengkap, email, dan nomor handphone
  • Pilih menu “Pilih Pembayaran” untuk membayar zakat, akan muncul metode pembayaran yang bisa Anda pilih
  • Baca niat zakat fitrah

Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami'i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar'an fardhan lillahi ta'ala.”

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Ta'ala.”

  • Klik “Bayar” dan lakukan pembayaran
  • Proses selesai jika Anda sudah membayar

Demikian cara bayar zakat fitrah online melalui BAZNAS. BAZNAS ini sudah menjadi lembaga resmi milik pemerintah, jadi zakat InsyaAllah akan disalurkan dengan amanah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Catat! Ini Waktu Yang Dianjurkan Untuk Membayar Zakat Fitrah