Gregoria Mariska Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Gregoria Mariska Tunjung meraih medali perunggu di Olimpiade Paris 2024 setelah Carolina Marin mundur akibat cedera lutut.

Gregoria Mariska Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024
Gregoria Mariska Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Gambar: Instagram/@tim.adhoc.pbsi

BaperaNews – Indonesia berhasil meraih medali pertama di Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga badminton. Gregoria Mariska Tunjung memastikan medali perunggu setelah lawannya, Carolina Marin asal Spanyol, mengundurkan diri karena cedera lutut pada babak semifinal, Minggu (4/8).

Gregoria Mariska Tunjung, yang akrab disapa Jorji, meraih medali perunggu tanpa harus bertanding di perebutan posisi ketiga.

Carolina Marin mengalami cedera saat pertandingan semifinal melawan He Bing Jiao dari China dan memutuskan mundur. Cedera ini membuat Marin tidak bisa melanjutkan kompetisinya di Olimpiade 2024.

"Carolina Marin retired karena cedera lutut. Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 dan juara dunia tiga kali dari Spanyol ini terpaksa mengundurkan diri dari Kompetisi Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024 karena cedera lutut kanan," demikian pernyataan resmi dari BWF, Minggu (4/8).

Dengan mundurnya Marin, Gregoria dipastikan meraih medali perunggu karena tidak ada pertandingan perebutan tempat ketiga. BWF juga mengonfirmasi bahwa pertandingan perebutan medali perunggu yang dijadwalkan pada Senin (5/8) dibatalkan.

Gregoria Mariska mengungkapkan perasaannya yang campur aduk setelah meraih medali perunggu tanpa bertanding.

"Bingung ya, salah banget kalau aku happy dengan penderitaan orang lain. Ini musibah untuk Marin, tapi aku bingung bereaksi saja, kaya tidak mau ini terjadi aja. Jujur banget aku bersyukur medalinya, tapi bukan happy gitu," tuturnya.

Baca Juga: Bikin Baper, Atlet Bulu Tangkis Asal China Dilamar Usai Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Prestasi Gregoria juga menjadi kebanggaan bagi Indonesia, karena ini merupakan medali pertama yang diraih oleh kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Pelatih tunggal putri, Herli Djaenudin, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

"Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas kehendaknya atas ridhonya juga, setelah sekian lama kita tidak dapat medali di tunggal putri sekarang alhamdulillah Jorji bisa dapat medali perunggu," ujarnya.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie juga memberikan apresiasi atas prestasi Gregoria.

"Alhamdulillah BWF sudah mengumumkan secara resmi bahwa Jorji atau Gregoria Mariska Tunjung resmi meraih medali perunggu tunggal putri Olimpiade Paris 2024," kata Raja Sapta.

"Perjuangan yang begitu luar biasa yang ditunjukkan oleh Jorji sampai akhir. Ini adalah sebuah ganjaran, medalinya Jorji itu bukan dikasih tapi sebuah perjuangan yang ganjarannya medali,” tambahnya. 

"Menyesalkan musibah yang dialami Marin, semoga lekas pulih. Untuk Gregoria luar biasa perjuangannya, ini menjadi inspirasi bagi semua atlet bahwa apapun itu kita tidak boleh menyerah sampai di ujung. Ini kebanggaan buat kita. Besok akan ada medals ceremony dan bendera Indonesia berkibar," tambahnya.

Cedera yang dialami Carolina Marin terjadi pada set kedua pertandingan semifinal melawan He Bing Jiao, Minggu (4/8). Saat itu, Marin sedang unggul 21-14, 10-8 sebelum cedera lutut memaksanya mundur.

Dengan mundurnya Marin, He Bing Jiao melaju ke final untuk menghadapi An Se Young dari Korea Selatan, yang sebelumnya menyingkirkan Gregoria Mariska di babak semifinal.

Medali perunggu yang diraih Gregoria Mariska Tunjung ini memiliki makna penting, tidak hanya bagi dirinya tapi juga bagi bulutangkis Indonesia. Ini adalah pertama kalinya tunggal putri Indonesia meraih medali di Olimpiade sejak Maria Kristin Yulianti mendapatkan medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Herli Djaenudin menegaskan bahwa prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama tim yang solid.

"Target saya memang medali, kita tidak berpikir apa, yang penting medali dulu deh, karena lihat dari ranking di atas dia masih banyak. Ini jadi ajang pembuktian Jorji," ujarnya.

@baperanews.com Gregoria Mariska Tunjung meraih medali perunggu di Olimpiade Paris 2024 setelah Carolina Marin mundur akibat cedera lutut #gregoria #olimpiadeparis2024 #medali ♬ Kejar Mimpi - Maudy Ayunda

Baca Juga: Akun X John Wick Beri Komentar Gaya Nembak Yusuf Dikec di Olimpiade Paris 2024