Google Resmi Rilis Gemini Live yang Bisa Diajak Ngobrol Luwes

Google secara resmi meluncurkan Gemini Live, asisten AI terbaru yang memungkinkan interaksi dalam format obrolan luwes.

Google Resmi Rilis Gemini Live yang Bisa Diajak Ngobrol Luwes
Google Resmi Rilis Gemini Live yang Bisa Diajak Ngobrol Luwes. Gambar : Google

BaperaNews - Google secara resmi meluncurkan Gemini Live, asisten AI terbaru yang memungkinkan pengguna berinteraksi dalam format obrolan luwes, pada Kamis (14/8). Peluncuran ini berlangsung dalam acara Made by Google dan menandai langkah besar dalam pengembangan teknologi asisten AI oleh Google.

Gemini Live sebelumnya diperkenalkan pada gelaran Google I/O 2024 yang berlangsung pada Mei 2024. Kini, asisten AI ini sudah resmi tersedia untuk pengguna Gemini Advanced, versi berbayar dari layanan Google AI.

"Gemini Live akan mulai diluncurkan besok dan akan tersedia untuk semua pengguna Gemini Advanced di semua perangkat. Proses peluncuran mungkin memerlukan waktu satu atau dua pekan untuk sepenuhnya selesai, tetapi akan tersedia di semua ponsel Android yang menggunakan Gemini Advanced," kata Amar Subramanya, VP of Engineering at Google, dalam sesi eksklusif Virtual Roundtable on Gemini News pada Rabu (13/8).

Saat ini, Gemini Live hanya mendukung bahasa Inggris, dengan rencana untuk menambahkan lebih banyak bahasa di masa depan.

Asisten AI ini merupakan evolusi dari teknologi asisten sebelumnya yang hanya memungkinkan interaksi dalam format tanya jawab. Dengan Gemini Live, pengguna kini dapat berkomunikasi secara lebih luwes, mirip dengan berbicara dengan manusia.

Dalam sesi demonstrasi, Amar Subramanya menunjukkan bagaimana Gemini Live dapat berinteraksi secara alami.

Baca Juga: Apple Dikabarkan Bakal Rilis 2 Perangkat Lipat di Tahun 2026

Gemini Live menyapa peserta sesi dengan mengatakan, "Halo untuk semua orang di sana. Saya sangat senang bisa bertemu dengan kalian semua, meskipun hanya melalui suara saya. Saya harap saya dapat memenuhi harapan kalian dan kalian akan menikmati belajar tentang saya."

Selama demonstrasi, Amar sempat menyela ucapan Gemini Live, dan asisten AI ini dengan cepat berhenti berbicara sambil menunggu Amar selesai.

"Interaksi ini jauh lebih mengalir, dibandingkan dengan berbicara bergiliran. Dalam pengalaman saya, saya lebih banyak menggunakannya sebagai pelatih atau sebagai rekan brainstorming," ungkap Amar, yang telah menggunakan Gemini Live selama beberapa pekan.

Saat ini, Gemini Live hanya mendukung input dan output suara. Namun, Google sedang mengerjakan fitur tambahan seperti visual untuk asisten AI ini. Versi awal Gemini Live menyediakan 8 opsi suara berbeda untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Pengguna ponsel Android saat ini dapat mengakses Gemini secara gratis. Namun, untuk menikmati fitur Gemini Advanced, termasuk Gemini Live, pengguna harus melakukan langganan dengan biaya Rp309 ribu per bulan.

CEO Google, Sundar Pichai, menyatakan bahwa peluncuran Gemini Live merupakan langkah penting dalam inovasi asisten AI.

"Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi AI yang tidak hanya cerdas tetapi juga mampu berinteraksi dengan cara yang lebih manusiawi," kata Pichai.

Baca Juga: Diduga Cekcok dengan Elon Musk, Presiden Venezuela Blokir X