Polri Memastikan Situasi PON Papua Aman dan Kondusif

Dalam keterangan pers secara virtual pada Rabu (6/10), Operasi pengamanan oleh pihak Kepolisian bersama dengan TNI berjalan dengan baik. Polri pastikan situasi di ajang PON Papua Aman dan Kondusif.

Polri Memastikan Situasi PON Papua Aman dan Kondusif
Gambar : infopublik.id

Cahaya.co - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memastikan bahwa situasi keamanan di empat klaster penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dalam kondisi aman dan kondusif.

Dalam keterangan pers yang dilakukan secara virtual pada Rabu (06/10/2021), Brigadir Jenderal Rusdi Hartono selaku Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional masih berjalan dan keamanan masih sangat kondusif.

Selanjutnya Rusdi menyampaikan bahwa operasi Kepolisian yang dilakukan bersama TNI dengan sandi Operasi Deraku Cartenz 2021 dilakukan untuk pengamanan penyelenggaraan PON Papua.

Pengamanan tersebut dilakukan pada 4 klaster yang terdiri dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Venue-venue pertandingan yang berada di lokasi 4 klaster itu juga termasuk pada operasi pengamanan tersebut.

Rusdi pun memastikan bahwa operasi pengamanan yang dijalankan oleh pihak Kepolisian bersama dengan TNI ini berjalan dengan baik. Ia berharap pelaksanaan PON di Papua ini dapat berjalan dengan aman serta dapat mencetak prestasi- prestasi olahraga di tanah air.

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa situasi di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pun sudah kembali kondusif usai terjadinya kericuhan pada Minggu (3/10/2021).

Untuk dapat memulihkan kembali situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, Aparat TNI dan Polri berkekuatan sekitar tiga satuan setingkat kompi sudah berada di lokasi.

Walaupun demikian, Rusdi menyampaikan bahwa masih terdapat sekitar 3.609 warga Yahukimo yang mengungsi serta meminta perlindungan di gereja, Polres Yahukimo dan Koramil Dekai.

Namun, Rusdi kembali menjelaskan bahwa situasi di Yahukimo kini sudah kondusif dan terkendali. Untuk memulihkan kembali situasi keamanan di sana, Aparat keamanan terus bekerja secara optimal.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa terkait dengan kasus penyerangan yang terjadi di wilayah tersebut, pihak Polisi telah menetapkan 22 tersangka dan para penyidik juga terus mendalami kasus tersebut, serta kemungkinan jumlah tersangka akan terus bertambah.