Iran Pamerkan Drone Canggih Mohajer-10 di Pameran Militer Rusia

Iran memamerkan drone terbaru, Mohajer-10, di Forum Militer-Teknis Internasional 2024 di Rusia.

Iran Pamerkan Drone Canggih Mohajer-10 di Pameran Militer Rusia
Iran Pamerkan Drone Canggih Mohajer-10 di Pameran Militer Rusia. Gambar : IRAN'S PRESIDENCY/WANA

BaperaNews - Pada Senin (12/8), Iran memamerkan drone jarak jauh terbaru, Mohajer-10, di Forum Militer-Teknis Internasional Angkatan Darat 2024 di Patriot Park, Rusia. Acara ini berlangsung dari 12 hingga 14 Agustus dan menampilkan berbagai teknologi pertahanan canggih.

Kehadiran drone Mohajer-10 ini menarik perhatian global, terutama karena spekulasi terkait peran Iran dalam penyediaan teknologi drone kepada Rusia.

Para pejabat Amerika Serikat sebelumnya menuduh Iran, termasuk drone Mohajer-6, yang digunakan Rusia dalam invasinya ke Ukraina. Namun, Teheran membantah tuduhan tersebut. 

Drone Mohajer-10, yang diperkenalkan Iran pada Agustus tahun lalu, memiliki spesifikasi yang lebih canggih dibandingkan pendahulunya.

Menurut laporan media Iran, drone ini memiliki jangkauan operasional sejauh 2.000 kilometer dan dapat terbang hingga 24 jam. Selain itu, Mohajer-10 dapat membawa muatan hingga 300 kilogram, dua kali lipat kapasitas dari Mohajer-6.

Baca Juga: Puluhan Roket dari Rusia Digunakan Iran Hizbullah untuk Memborbardir Markas Militer Israel

Pameran ini juga menampilkan video yang menunjukkan Mohajer-10 bersama perangkat keras militer lainnya.

Video tersebut mencantumkan teks dalam bahasa Ibrani dan Persia yang berbunyi "siapkan tempat perlindungan Anda," menandakan potensi penggunaan drone dalam konteks konflik regional.

Pameran ini berlangsung di tengah ketegangan meningkat di Timur Tengah setelah pembunuhan kepala Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada 31 Juli 2024. Ancaman balasan dari Iran terhadap Israel menjadi perhatian internasional. 

Forum Militer-Teknis Internasional Angkatan Darat 2024 menjadi platform bagi negara-negara peserta untuk memamerkan teknologi pertahanan mutakhir. Dengan peluncuran Mohajer-10, Iran menunjukkan kemajuan dalam pengembangan sistem drone yang memiliki kapabilitas tinggi dan jangkauan yang luas.

Baca Juga: Ismail Haniyeh, Pemimpin Hamas Tewas dalam Serangan di Teheran Iran