Gerhana Matahari Cincin Api Oktober 2023, Ini Jadwal dan Cara Lihat Online!

Simak jadwal dan cara melihat secara online Gerhana Matahari Cincin Api Oktober 2023.

Gerhana Matahari Cincin Api Oktober 2023, Ini Jadwal dan Cara Lihat Online!
Gerhana Matahari Cincin Api Oktober 2023. Gambar : Unsplash/Dok. Merek Okon

BaperaNews - Gerhana matahari cincin api akan melintasi Amerika Utara, Tengah, dan Selatan, pada tanggal 14 Oktober 2023, memberikan tontonan spektakuler bagi jutaan orang di belahan bumi barat. Namun, Indonesia tak akan dapat menyaksikan fenomena ini secara langsung.

Kawasan yang Dilintasi Gerhana

Gerhana matahari cincin Oktober 2023 ini dapat disaksikan terutama di sejumlah wilayah di Amerika. Berdasarkan informasi dari NASA, gerhana ini akan melewati Oregon Selatan, California Timur Laut, Nevada Utara, Utah Selatan, Colorado Barat Daya, Arizona Timur Laut, Meksiko Baru, hingga Texas.

Cincin api khas dari gerhana matahari cincin ini hanya dapat dilihat di jalur selebar 118 hingga 137 mil (190 hingga 220 kilometer).

Waktu pengamatan terbaik untuk gerhana matahari cincin api tahun ini adalah selama 5 menit 17 detik.

Fenomena alam ini tidak hanya menjadi perbincangan masyarakat umum tetapi juga menjadi sorotan bagi para pecinta astronomi. Dengan durasi yang cukup singkat, persiapan matang perlu dilakukan agar tidak melewatkan momen berharga ini.

Baca Juga : 6 Daftar Fenomena Astronomi yang Terjadi Pada Tahun 2023

Tips Aman Menyaksikan Gerhana

Meski memberikan pemandangan yang memukau, gerhana matahari, terutama gerhana matahari cincin, memerlukan kewaspadaan saat pengamatan.

Penting bagi penonton untuk menggunakan filter pelindung matahari. Selain itu, bagi yang ingin melihat langsung ke langit, kacamata khusus untuk gerhana matahari diperlukan.

"Selama Gerhana Cincin, tidaklah aman untuk melihat langsung ke matahari tanpa pelindung mata khusus yang dirancang untuk melihat matahari," demikian peringatan dari NASA.

Jika Anda ingin menyaksikan gerhana matahari cincin api ini melalui kamera, teleskop, atau teropong, pastikan Anda juga menggunakan filter matahari. Filter ini tidak hanya melindungi mata tetapi juga melindungi peralatan Anda.

Bagi Indonesia: Tonton Secara Daring

Sedihnya, bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan gerhana matahari cincin api oktober 2023 ini, mereka harus rela melakukannya secara daring.

Sebagai solusi, NASA akan menayangkan live streaming gerhana matahari cincin ini di website resmi mereka dan aplikasi NASA. Selain itu, tayangan langsung juga dapat diakses melalui akun media sosial resmi NASA di Twitter, Facebook, dan YouTube.

Cara Melihat Online Gerhana Matahari Cincin Api Oktober 2023 Secara Online:

  • X atau Twitter https://twitter.com/nasa/
  • Facebook https://www.facebook.com/events/257401430535836 
  • YouTube https://www.youtube.com/watch?v=LlY79zjud-Q 

Gerhana matahari cincin memang selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. Meskipun tidak semua wilayah dapat menyaksikannya secara langsung, teknologi saat ini memungkinkan kita untuk tetap bisa menikmati keindahan fenomena ini.

Pastikan Anda tidak melewatkan gerhana matahari cincin api 14 Oktober 2023, dan selalu utamakan keselamatan saat menyaksikannya.

Baca Juga : NASA Akan Bangun Rumah di Bulan!