Eks Menteri ESDM Sudirman Said Tak Lolos Tes Capim KPK

Sudirman Said dinyatakan tidak lulus dalam seleksi Capim KPK setelah hasil tes profile assessment diumumkan.

Eks Menteri ESDM Sudirman Said Tak Lolos Tes Capim KPK
Eks Menteri ESDM Sudirman Said Tak Lolos Tes Capim KPK. Gambar : Instagram/@sudirmansa1d

BaperaNews - Sudirman Said, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dinyatakan tidak lulus dalam seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau Capim KPK.

Keputusan ini diambil setelah hasil tes profile assessment diumumkan oleh Ketua Panitia Seleksi KPK, Muhammad Yusuf Ateh, pada Rabu, (11/9).

Dari 20 nama yang dinyatakan lolos, Sudirman Said harus mengakui bahwa langkahnya terhenti di tahap ini.

Setelah pengumuman tersebut, Sudirman memberikan tanggapan yang cukup bijaksana. Dia mengungkapkan bahwa dirinya menghormati keputusan Pansel KPK dan merasa bersyukur telah menjalani proses seleksi dengan baik.

"Terima kasih atas dukungan semua rekan-rekan selama proses seleksi," ujarnya.

Menariknya, Sudirman juga memberikan semangat kepada 20 kandidat Capim KPK yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya.

Dia berharap bahwa di akhir proses seleksi, akan terpilih pimpinan yang terbaik untuk KPK. Menurutnya, KPK memerlukan sosok pemimpin yang dapat mengembalikan kredibilitas lembaga antirasuah tersebut.

"Jangan pernah lelah mencintai Indonesia yang hebat ini," tambahnya.

Baca Juga: Pejabat 'KPK' Korea Selatan Ditemukan Tewas Saat Sedang Usut Kasus Tas Mewah Ibu Negara

Sebelum mendaftar sebagai Capim KPK, Sudirman Said mendapatkan dukungan dari banyak tokoh dan pegiat antikorupsi di Indonesia.

Dukungan ini datang dari berbagai pihak, termasuk Indonesia Memanggil Lima Puluh Tujuh atau IM57+ Institute, Feri Amsari, dan mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud Md. 

Ketua IM57+, Praswad Nugraha, menilai bahwa kriteria pemimpin KPK yang berintegritas, berani, dan memiliki penguasaan politik yang mumpuni sangat terlihat dalam diri Sudirman Said.

Selain Praswad, dukungan juga datang dari Pakar Hukum Tata Negara, Feri Amsari. Feri berpendapat bahwa banyak sosok berintegritas yang bisa menjadi calon pimpinan KPK, tetapi tidak semua dari mereka berani. Dia menekankan bahwa ada yang berani, tetapi belum teruji ketika berhadapan dengan kekuatan politik.

Menurutnya, sosok yang berintegritas, berani, dan teruji ada pada diri Sudirman Said.

“Sudirman Said sudah teruji,” ujarnya.

Baca Juga: MA Perintahkan KPK untuk Kembalikan Rumah Mewah Rafael Alun