Waduh! Vladimir Putin Umumkan Daftar Negara Yang Menjadi Musuh Rusia

Pemerintah Rusia yakni Vladimir Putin merilis daftar Negara yang disebut sebagai musuh Rusia. Simak nama-nama Negaranya dibawah!

Waduh! Vladimir Putin Umumkan Daftar Negara Yang Menjadi Musuh Rusia
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Gambar: Instagram.com/ @leadervladimirputin

BaperaNews - Pemerintah Rusia mengeluarkan lusinan daftar Negara dan wilayah yang disebut tidak bersahabat atau bermusuhan dengan Rusia dan warganya, hal ini disampaikan oleh media setempat di Moskow hari Selasa 8 Maret 2022.

Daftar tersebut mencakup 37 negara anggota Uni Eropa, lalu ada Amerika Serikat, Ukraina, Australia, dan lainnya. Belum diketahui apa yang akan dilakukan Rusia dengan Negara tersebut dimana sebelumnya Vladimir Putin sempat mengumumkan dan memperingatkan semua pihak untuk tidak ikut campur atau akan menanggung konsekuensi yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Vladimir Putin juga menyebut Negara yang memberi sanksi kepada Rusia artinya sama dengan mendeklarasikan perang.

Berikut daftar Negara yang dianggap Vladimir Putin sebagai musuh Rusia :

  1.       Austria
  2.       Belgia
  3.       Bulgaria
  4.       Kroasia
  5.       Cyprus
  6.       Ceko
  7.       Denmark
  8.       Estonia
  9.       Finlandia
  10.   Perancis
  11.   Jerman
  12.   Yunani
  13.   Hongaria
  14.   Irlandia
  15.   Italia
  16.   Latvia
  17.   Lithuania
  18.   Luksemburg
  19.   Malta
  20.   Belanda
  21.   Polandia
  22.   Portugal
  23.   Rumania
  24.   Slovakia
  25.   Slovenia
  26.   Spanyol
  27.   Swedia
  28.   Amerika Serikat
  29.   Inggris
  30.   Ukraina
  31.   Swiss
  32.   Jepang
  33.   Korea Selatan
  34.   Australia
  35.   Selandia Baru
  36.   Singapura
  37.   Taiwan

Baca juga: Indonesia Tak Masuk Daftar Negara Yang Kecam Agresi Rusia, Ada Apa?

Dalam daftar negara tersebut yang disampaikan Vladimir Putin, Indonesia tidak masuk ke dalamnya, diketahui selama ini hubungan Rusia dan Indonesia terjalin sangat baik, meski begitu, Presiden Jokowi tetap tidak setuju adanya peperangan Rusia dan Ukraina, Jokowi meminta agar Rusia dan Ukraina berdamai, menyelesaikan segala permasalahan dengan diskusi agar tidak semakin memakan banyak korban jiwa.

Sanksi yang diberikan para Negara yang dianggap musuh Rusia tersebut meliputi pembekuan aset perbankan dan individu, pemutusan SWIFT, larangan impor migas, bahkan di bidang olahraga yang tidak berhubungan dengan perang pun semua atlet Rusia dilarang tampil dalam ajang internasional apapun.

Rusia meminta daftar Negara musuhnya tersebut segera membayar hutangnya kepada Rusia dengan mata uang Rubel, Negara yang dianggap musuh tersebut diharuskan segera membuat rekening khusus Rubel dengan Bank Rusia dan harus segera melunasi hutangnya kepada Rusia.

Berdasarkan laporan PBB, korban perang Rusia dan Ukraina sudah mencapai 400 orang tewas dan 1,5 juta orang Ukraina mengungsi karena perang, jika perang terus berlanjut, dan Negara membentuk blok pendukung dan penolak invasi Rusia tersebut, dikhawatirkan akan terjadi Perang Dunia III.

Baca Juga: AS Kirim Rudal Patriot Ke Polandia, Tangkal Ancaman Rusia