WNI Dikabarkan Meninggal Akibat Kerusuhan di Bangladesh

KBRI Dhaka melaporkan bahwa seorang WNI, DU, meninggal dunia akibat kebakaran hotel di Bangladesh saat kerusuhan.

WNI Dikabarkan Meninggal Akibat Kerusuhan di Bangladesh
WNI Dikabarkan Meninggal Akibat Kerusuhan di Bangladesh. Gambar : Dok.Detik

Baperanews - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dhaka melaporkan bahwa satu warga negara Indonesia (WNI) dengan inisial DU meninggal dunia akibat kerusuhan yang terjadi di Bangladesh.

Menurut rilis resmi Kementerian Luar Negeri RI, insiden tersebut terjadi pada Senin (5/8) di Jashore, Bangladesh. DU meninggal dunia setelah terpapar asap tebal dari kebakaran hotel tempatnya menginap, yang terjadi di tengah-tengah kerusuhan.

DU, yang baru tiba di Bangladesh pada 1 Agustus 2024 untuk kunjungan bisnis, menjadi korban kerusuhan yang melanda berbagai wilayah di Bangladesh, termasuk Dhaka.

Kementerian Luar Negeri telah menghubungi keluarga DU di Indonesia untuk menyampaikan belasungkawa dan berjanji akan memfasilitasi repatrasi jenazah dengan bantuan perusahaan tempat DU bekerja.

Demo Bangladesh telah menelan banyak korban jiwa sejak dimulai pada Minggu, 4 Agustus 2024. Bentrokan antara kelompok penentang Perdana Menteri Sheikh Hasina dan pendukungnya menyebabkan sekitar 280 orang tewas.

Konflik ini merupakan bagian dari gejolak yang melanda negara tersebut sejak Juli lalu, ketika demonstrasi besar-besaran menuntut pembatalan kebijakan kuota 30 persen untuk keluarga pejuang dalam perekrutan pegawai negeri sipil (PNS).

Baca Juga: Kerusuhan Menewaskan 109 Orang Saat PM Bangladesh Digulingkan, Kini Malah Kabur ke Luar Negeri

Keputusan ini dianggap untuk memperkuat kekuasaan Hasina, tetapi kebijakan tersebut akhirnya dibatalkan. Meskipun demikian, demo kembali meluas dengan tuntutan agar Hasina mundur dari jabatannya.

KBRI Dhaka dan Kementerian Luar Negeri RI mengimbau WNI di Bangladesh untuk meningkatkan kewaspadaan, menghindari kerumunan massa, dan menjauhi lokasi demonstrasi.

Mereka juga menyarankan agar WNI yang merencanakan perjalanan ke Bangladesh menunda kunjungan hingga situasi keamanan membaik.

Untuk WNI dalam kondisi darurat, diimbau untuk melaporkan kepada otoritas keamanan setempat atau menghubungi hotline KBRI Dhaka di nomor (+880) 1614444552 dan Direktorat Pelindungan WNI Kemlu di (+62) 81290070027.

Baca Juga: TKW Asal Indonesia Bikin Ulah, Keciduk Ajak 2 Pria Bangladesh Ngamar di Rumah Majikan