Viral! Karyawan Ditodong Traktir Wagyu Rp11 Juta Usai Naik Jabatan

Seorang karyawan di Malaysia viral setelah menghabiskan hampir Rp 11 juta untuk mentraktir teman-temannya makan steak wagyu karena merayakan kenaikan jabatan.

Viral! Karyawan Ditodong Traktir Wagyu Rp11 Juta Usai Naik Jabatan
Viral! Karyawan Ditodong Traktir Wagyu Rp11 Juta Usai Naik Jabatan. Gambar : Ilustrasi Canva

BaperaNews - Seorang insinyur di Malaysia viral setelah menghabiskan hampir Rp11 juta untuk mentraktir makan steak mahal, termasuk steak wagyu, oleh rekan-rekannya yang menodongnya merayakan naik jabatan

Kejadian tersebut, yang diungkapkan oleh Zainuddin Omar melalui unggahan di Facebook pada 16 Oktober 2024, mencerminkan isu etika pertemanan yang patut diperhatikan dalam lingkungan kerja.

Dalam unggahannya, Zainuddin menceritakan bahwa rekan kerjanya baru saja dipromosikan dari gred 54 menjadi Jusa C.

Sebagai tradisi, rekan-rekannya meminta untuk merayakan kenaikan jabatan tersebut dengan makan-makan di sebuah restoran steak terkenal. Namun, perayaan tersebut berujung pada beban keuangan yang tidak kecil bagi rekan Zainuddin. 

Sebanyak enam orang rekan kerja meminta untuk makan di restoran steak, dan karena pilihan menu yang terlalu mahal, total biaya traktiran mencapai Rp10.815.873.

Beberapa rekan tanpa ragu memesan steak wagyu yang harganya mencapai Rp2,2 juta per porsi, mengabaikan beban yang harus ditanggung oleh rekan mereka yang mentraktir. 

Hanya ada dua orang yang memesan menu lebih murah, seharga Rp216.000 per porsi, namun tetap saja, harga tinggi dari beberapa pesanan membuat total biaya menjadi sangat tinggi.

Baca Juga : Perusahaan Wajib Bayar Denda ke Karyawan Jika Gaji Telat Minimal 4 Hari

Zainuddin juga berbagi pengalaman pribadinya terkait etika pertemanan dalam situasi serupa. Ia mengungkapkan pernah mengalami saat mentraktir rekan-rekannya, di mana ada satu orang yang memilih menu termahal tanpa merasa sungkan.

"Dia memilih seekor udang paling besar dan sotong mega, sementara saya hanya makan ayam saja," ujarnya, menunjukkan bahwa masalah ini bukan hal baru dalam budaya pertemanan di tempat kerja.

Menghadapi situasi ini, Zainuddin berpendapat bahwa seharusnya ada etika yang harus dipatuhi ketika seseorang mentraktir makan. Ia menekankan pentingnya tidak mengambil kesempatan dari kebaikan orang lain dengan memesan makanan mahal.

"Moral dari cerita ini, berakhlak dan beradablah. Jangan ambil kesempatan dari kebaikan seseorang. Pesanlah makanan yang sewajarnya, kalau bisa jangan yang lebih mahal dari yang bayar," tutup Zainuddin.

Unggahan Zainuddin mendapatkan respons yang ramai dari netizen. Banyak yang sependapat dengan pandangannya mengenai etika saat ditraktir.

Seorang netizen mengaku pernah mengalami kejadian serupa dan merasa terkejut dengan sikap temannya yang tidak memiliki rasa malu untuk memesan makanan jauh lebih mahal. 

"Pesan makanan kalau bisa jangan yang lebih mahal dari yang bayar. Kecuali memang kamu dipersilahkan atau memang dia yang memesankan makanan itu," tambah netizen lainnya.

Baca Juga : Menghubungi Karyawan di Luar Jam Kerja Bisa Kena Denda Rp1 M di Australia