Berikut Jadwal Prosesi Pernikahan Kaesang Dan Erina Gudono

Berikut jadwal prosesi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono hingga beberapa hal penting yang akan terjadi dalam pernikahan Kaesang Dan Erina Gudono.

Berikut Jadwal Prosesi Pernikahan Kaesang Dan Erina Gudono
Jadwal prosesi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono. Gambar : Instagram/@kaesangp

BaperaNews - Pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dilaksanakan esok hari Sabtu 10 Desember 2022 di Yogyakarta. Kaesang menyampaikan permohonan maaf jika pernikahannya nanti mengganggu kegiatan warga.

“Saya minta maaf sebesar-besarnya jika seluruh masyarakat nanti terganggu oleh kegiatan ini, saya mohon maaf, pasti membuat macet dimana-mana baik di Jogja, Solo, maupun sekitarnya. Kami juga minta maaf, karena pasti banyak yang datang, sekali lagi kami mohon maaf dan minta restunya agar semuanya dapat berjalan lancar” tulisnya pada Selasa (6/12).

Rangkaian proses pernikahan Kaesang dan Erina Gudono telah dimulai sejak Kamis (8/12) dan berakhir pada Minggu (11/12). Hari ini, Jumat (9/12) rombongan keluarga Presiden Jokowi juga telah berangkat menuju Yogyakarta.

Tim Redaksi BaperaNews telah merangkum tentang jadwal prosesi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono hingga beberapa hal penting yang akan terjadi dalam pernikahan Kaesang Dan Erina Gudono. Simak informasi jadwal prosesi pernikahan Kesang dan Erina Gudono.

Berikut Jadwal Prosesi Pernikahan Kaesang Dan Erina Gudono : 

Kamis (8/12) : Pengajian di rumah Erina pada Kamis sore hingga malam. Sterilisasi telah dilakukan aparat, warga sekitar rumah Erina juga turut terlibat menyambut pernikahan.

Jumat (9/12) : Siraman. Kaesang dan Erina Gudono telah menjalani adat Siraman pada pagi tadi. Keluarga Erina Gudono memasang bleketepe yang merupakan simbol tolak bala, diharapkan agar pernikahan lancar dan terhindar dari hal jahat, juga sebagai tanda bahwa di rumah ada hajatan besar. Pada malam hari juga dilaksanakan midodareni, calon pengantin pria akan datang ke rumah calon pengantin wanita dengan membawa seserahan, namun keduanya belum boleh bertemu sebelum akad nikah.

Sabtu (10/12) : Puncak acara, akad nikah akan dilaksanakan di Pendopo Agung Ambarukmo Yogya pukul 13.00 WIB. Usai akad nikah, dilaksanakan sesi panggih pengantin yang melambangkan pertemuan kedua pengantin dalam kondisi suci.

Baca Juga : Kediaman Erina dan Lokasi Pernikahan Kaesang Di Jaga Ketat

Minggu (11/12) : Syukuran dan pesta rakyat di Loji Gandrung, Putra Mangkunegaran Solo sekaligus acara ngunduh mantu. Acara dimulai Minggu (11/12) pagi dengan adat Jawa. Pengantin baru akan menjalankan prosesi arak-arakan menuju lokasi tasyakuran, acara memanfaatkan moment car free day di Jalan Slamet Riyadi Solo.

Rencananya pengantin akan naik kereta kencana pada jam 9-10 pagi, disinilah nantinya pengantin dan keluarga akan menyapa seluruh masyarakat. Pada sesi inilah, tamu disambut dari kedua mempelai mulai dari rekan hingga tamu kenegaraan.

Beberapa Hal Penting Dalam Pernikahan Kaesang – Erina :

  • Tamu dilarang memberi sumbangan dalam bentuk apapun baik uang maupun kado.
  • Pasangan pertama di luar keluarga Mangkunegaran yang mengadakan pesta di Mangkunegaran.
  • Tidak boleh ada batik motif parang lereng.
  • Tidak boleh ada upacara adat di pura.
  • 2.188 polisi dikerahkan untuk pengamanan.
  • Ratusan becak, andong, bus disediakan untuk antar jemput tamu.
  • 3 tembang khusus disediakan dari karawitan ISI Surakarta.
  • Undangan sekitar 6.000 orang.

Selamat untuk Kaesang dan Erina, semoga semua acara berjalan lancar, tertib, dan aman serta menjadi pasangan suami istri yang penuh rahmat dan bahagia!

Baca Juga : Resmi! Chelsea Islan Dan Rob Clinton Kardinal Menikah Di Gereja Katedral