Serba-Serbi HUT DKI Jakarta Ke-495 Bertema "Hajatan Jakarta"

DKI Jakarta akan merayakan ulang tahunnya yang ke-495 pada tanggal 22 Juni 2022, Ulang tahun jakarta kali ini bertema "Jakarta Hajatan"

Serba-Serbi HUT DKI Jakarta Ke-495 Bertema "Hajatan Jakarta"
Anies Baswedan akan pimpin acara di Monas rayakan HUT DKI Jakarta ke-495, yang bertema

BaperaNews - DKI Jakarta akan merayakan ulang tahunnya yang ke-495 pada tanggal 22 Juni 2022. Guna memeriahkan hari ulang tahun Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta rutin menggelar perayaan di setiap tahunnya.

Pada perayaan ulang tahun Jakarta akan mengusung tema-tema tertentu yang sesuai dengan kondisi yang tengah berkembang di Jakarta. Pada perayaan tahun ini, Jakarta mengusung tema “Jakarta Hajatan”. Tema ini dipilih lantaran dapat menggambarkan sebuah istilah di Indonesia yang berarti perayaan atau selebrasi.

"Hajatan itu memiliki makna selebrasi yang kental dengan nuansa Indonesia, seperti resepsi, selamatan, dan sejenisnya atas sebuah capaian. Tahun ini megusung tema kolaborasi, akselerasi, elevasi" ujar Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Marullah Matali.

Dalam tema perayaan ulang tahun Jakarta kali ini juga mengandung sebuah pesan optimism dan semangat kolaborasi sebagai identitas Ibu kota. Jakarta yang dikenal sebagai kota kolaborasi dengan tema perayaan ulang tahun kali ini mendorong pertumbuhan untuk menghadapi beragam isu global yang hadir di tengah ibu kota.

"Sekaligus juga merefleksikan semangat kolaborasi yang sudah didengungkan selama hampir lima tahun" imbuh Marullah.

Baca Juga : Rayakan HUT DKI Jakarta Ke-495, Ancol Bagi-Bagi Tiket Gratis!

Berbagai rangkaian menyambut HUT DKI Jakarta ke-495 ini beberapa acara sudah disiapkan oleh Pemprov DKI untuk menyemarakkan acara Jakarta Hajatan. Mulai dari Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 atau Jakarta Fair 2022, balapan Formula E, pameran seni, pertunjukkan seni, gebyar diskon di beberapa pusat perbelanjaan, dan lainnya. 

Selain itu, untuk Upacara Hari Ulang Tahun atau HUT DKI Jakarta ke-495 akan di gelar di Plaza Monumen Nasional (Monas), Gambir Jakarta Pusat, pada Selasa 22 Juni 2022. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun akan langsung memimpin acara tersebut.

"Betul di Monas rencananya demikian" ujar Marullah.

Marullah Matali menyampaikan bahwa seluruh rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 ini melibatkan berbagai lapisan masyarakat sebagai kolaborator. Selain itu, perhelatan ini mengundang beberapa tamu undangan yang berasal dari mancanegara.

Dan rencananya, rangkaian dari perayaan ulang tahun Jakarta 2022 ditutup dengan grand launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 25 Juni 2022 mendatang.