Sebagian Fresh Graduate yang Lolos CPNS 2024 Akan Dikirim ke IKN

MenPANRB mengumumkan bahwa sejumlah lulusan baru atau fresh graduate yang berhasil lolos dalam rekrutmen CPNS 2024 akan diarahkan ke IKN Nusantara. 

Sebagian Fresh Graduate yang Lolos CPNS 2024 Akan Dikirim ke IKN
Sebagian Fresh Graduate yang Lolos CPNS 2024 Akan Dikirim ke IKN. Gambar : Kumparan/Dok. Fanny Kusumawardhani

BaperaNews - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa sejumlah lulusan baru atau fresh graduate yang berhasil lolos dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, akan diarahkan ke IKN Nusantara. 

Dalam keterangannya di kantor Kementerian PANRB, Anas menyampaikan bahwa jumlah formasi fresh graduate dalam CPNS 2024 mencapai 690.822 orang.

"Kemarin sudah dijelaskan (sebagian lulusan fresh graduate bakal dikirim ke IKN)," ucap Anas di kantor Kementerian PANRB, Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (8/1).

Meskipun belum ada pembaruan mengenai jumlah insentif yang akan diberikan kepada PNS yang akan pindah ke IKN, Anas menegaskan bahwa sebagian fresh graduate berbakat di bidang digital yang berhasil lolos CASN 2024 akan diarahkan ke IKN Nusantara.

"Belum, belum (sudah ada nilai jumlah insentif). Tapi talenta digital untuk ASN akan dikirim ke sana sebagian. Nah kan masih nunggu. Kita ini umumkan yang lain mengusulkan. IKN butuh berapa, Pemda ini berapa, kementerian ini berapa. Kita, kan, enggak bisa langsung kirim," jelasnya.

Baca Juga : 23 Juta Lowongan Akan Terbuka Dalam Seleksi CPNS 2024

Sebelumnya, berdasarkan catatan detikcom, Anas mengungkap bahwa Presiden Joko Widodo telah memerintahkan agar fokus pada kebutuhan aparatur negara di IKN. 

Namun, Anas menjelaskan bahwa pemerintah masih dalam proses menghitung jumlah formasi lulusan fresh graduate yang akan dipindahkan.

"Nanti akan kita hitung sesuai dengan kebutuhan Kementerian lembaga yang akan pindah ke IKN," ungkap Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (5/1).

Di sisi lain, Anas menambahkan bahwa PNS di IKN akan bekerja lebih lincah, dengan pemerintah merancang sistem berbasis elektronik di wilayah tersebut. 

Proyek sistem pemerintah berbasis elektronik, termasuk platform tunggal dari ASN, diharapkan akan selesai dalam bulan ini, membuka jalan bagi cara kerja ASN yang lebih efektif dan pelayanan publik yang lebih berdampak.

Baca Juga : Segera Dibuka, Simak Cara Daftar dan Formasi di Seleksi CPNS 2024