KPU Tegaskan Tak Akan Rubah Format dan Durasi Debat Capres 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan mengubah format hingga durasi pada dua debat capres cawapres 2024 mendatang. 

KPU Tegaskan Tak Akan Rubah Format dan Durasi Debat Capres 2024
KPU Tegaskan Tak Akan Rubah Format dan Durasi Debat Capres 2024. Gambar : Jawapos/Dok. Dery Ridwansah

BaperaNews - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menambah durasi pada dua debat pilpres mendatang. 

Penegasan ini muncul sebagai tanggapan terhadap keluhan terkait durasi debat capres 2024 yang dianggap terlalu singkat bagi pasangan calon nomor urut 01, 02, dan 03 untuk menjawab pertanyaan dari panelis dan berinteraksi satu sama lain.

"Tidak, cukup, cukup itu. Karena kalau diubah nanti jadi pertanyaan, kenapa diubah? Gitu, karena sudah tiga kali debat," ujar Hasyim di kantor KPU pada Selasa (9/1).

Durasi debat capres 2024 yang telah disepakati adalah 2 jam dengan pembagian dalam 6 segmen. Segmen pertama berisi presentasi visi dan misi dari pasangan calon Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud.

Baca Juga : Ditanya Soal Debat Capres 2024, Jokowi: Data Pertahanan Tidak Bisa Semua Dibuka Seperti Toko Kelontong

Pada segmen 2 dan 3, pasangan calon akan diberi kesempatan oleh panelis untuk menyampaikan pandangan mereka. 

Sementara itu, segmen 4 dan 5 memungkinkan pasangan calon untuk saling bertanya dan menanggapi, dan segmen terakhir ditujukan untuk penutup.

Meskipun dalam tiga debat sebelumnya yang diselenggarakan oleh KPU, beberapa capres dan cawapres kerap kesulitan menyelesaikan pernyataan mereka karena waktu yang terbatas, Hasyim menegaskan bahwa KPU akan tetap mengikuti aturan yang telah disepakati.

"(Nanti ditanya) kenapa polanya diubah? Gitu. Jadi kalau sudah jadi pola, sudah pakemnya ya kita ikuti. Kalau ada perubahan pasti akan menimbulkan pertanyaan berikutnya," tambahnya.

Baca Juga : Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu Terkait Dugaan Fitnah Luas Lahan Prabowo