Anies Resmi Diusung PKB Maju Pilgub Jakarta, Buka Kemungkinan Berduet dengan Kaesang

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, secara resmi mendeklarasikan dukungan PKB terhadap Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta periode 2024-2029.

Anies Resmi Diusung PKB Maju Pilgub Jakarta, Buka Kemungkinan Berduet dengan Kaesang
Anies Resmi Diusung PKB Maju Pilgub Jakarta, Buka Kemungkinan Berduet dengan Kaesang. Gambar: Kolase Editor BaperaNews Instagram/aniesbaswedan/kaesangp/dok.cnn

BaperaNews - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendukung Anies Baswedan untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Selain itu, PKB membuka peluang bagi Kaesang Pangarep untuk mendampingi Anies sebagai calon wakil gubernur.

Anies Baswedan telah mengumumkan niatnya untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 dengan dukungan resmi dari PKB. Dalam sebuah acara di kantor DPW PKB DKI Jakarta pada Kamis (13/6/2024), Anies menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan tersebut dan menganggapnya sebagai amanah besar.

"Amanah ini adalah amanah besar tapi Insyaallah bukan amanah yang berat dan perjalanan harus dilalui bersama, PKB DKI yang mendobrak, PKB Jakarta yang menerobos, PKB Jakarta yang memulai. Mudah-mudahan akan ada yang gabung bersama di dalam perubahan ini," ujar Anies.

Anies menekankan bahwa hubungan baiknya dengan PKB bukanlah hal yang baru. Kerjasama mereka sudah terjalin sejak Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. "Kami sambut baik karena selama ini, kerja bersama kita panjang, sama Pak Hasbi sejak saya bertugas di Jakarta, dari awal sampai di ujung kita selalu bersama banyak yang dilakukan bersama maka PKB punya jasa juga dalam apa yang dicapai di Jakarta," tambah Anies.

Baca Juga: Jazilul Fawaid Sebut Anies Baswedan Sudah Daftar Pilgub DKI ke PKB

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, secara resmi mendeklarasikan dukungan PKB terhadap Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta periode 2024-2029.

"Dengan membaca bismillahirrahmanirrahim, PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal sebagai gubernur Jakarta 2024-2029," ujar Hasbiallah pada Rabu, 12 Juni 2024.

DPW PKB DKI Jakarta juga membuka peluang untuk menduetkan Anies dengan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo. "Kami terbuka dengan siapapun, termasuk Mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur DKI untuk mendampingi Anies Baswedan," ungkap Hasbiallah.

Meski demikian, keputusan final mengenai pasangan calon masih berada di tangan DPP PKB. Hasbiallah mengungkapkan harapannya, "Mudah-mudahan Anies-Kaesang."

PKB saat ini juga sedang menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik lainnya untuk membentuk koalisi di Pilkada DKI Jakarta. Namun, Hasbiallah mengakui bahwa komunikasi dengan PDIP belum dilakukan. Anies sendiri lebih memprioritaskan pembentukan koalisi partai sebelum menentukan siapa yang akan menjadi wakilnya.

"Seperti yang sudah saya katakan, sekarang ini kami memikirkan bagaimana agar PKB tidak sendirian. Tetapi, bisa bersama-sama dengan partai lain," kata Anies.

Terkait minat Kaesang untuk maju di Pilkada 2024 Jakarta, Anies menghormati setiap hak warga negara untuk memilih dan dipilih. Namun, ia menekankan bahwa pemilihan calon pendamping harus melalui proses, salah satunya konsolidasi antar partai. "Jadi urutannya begitu dulu (bentuk koalisi), setelah itu selesai baru dibicarakan pasangan," jelas Anies, yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kaesang yang merupakan Ketua Umum PSI sendiri menyatakan bahwa dirinya tidak masalah berduet dengan siapa saja, termasuk Anies Baswedan. Ini membuka peluang koalisi yang lebih luas dan dinamis dalam Pilgub Jakarta mendatang.

@baperanews.com Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, secara resmi mendeklarasikan dukungan PKB terhadap Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta periode 2024-2029 #kaesang #aniesbaswedan #gubernur #baperanews ♬ Breaking News - Breaking News

Baca Juga: Prabowo Subianto Siap Lakukan Evakuasi terhadap 1000 Warga Palestina